Kodim-Lapas Padang Tandatangani MoU Wawasan Kebangsaan

id Wawasan Kebangsaan

Padang, (AntaraSumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0312/Padang dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Padang melaksanakan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman terkait peningkatan wawasan kebangsaan bagi warga binaan.

"Kami sebagai satuan wilayah mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan wawasan kebangsaan khususnya kepada warga binaan di Lapas Kelas II A Padang," kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0312/Padang, Letnan Kolonel Inf. Efran Herriyanto di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan dengan adanya peningkatan wawasan kebangsaan diharapkan semakin menumbuhkan kecintaan warga binaan kepada negara sehingga berpengaruh terhadap perilaku dan tindakan mereka sehari-hari menjadi lebih baik.

Selain itu dalam nota kesepahaman Kodim 0312/Padang juga akan memberikan peningkatan kemampuan persenjataan dan bela diri bagi petugas Lapas kelas II A Padang.

"Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh petugas lapas guna menunjang pekerjaan mereka," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Lapas kelas II A Padang, Destri Sjam mengatakan pihaknya menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman itu dan berharap akan menunjang pelaksanaan tugas jajarannya.

"Warga binaan tentu sangat membutuhkan peningkatan wawasan kebangsaan selain itu jajaran kami juga membutuhkan peningkatan kemampuan persenjataan dan bela diri dan kegiatan ini akan membantu," tambahnya.

Ia menerangkan nota kesepahaman ini akan dilaksanakan terhitung dari hari penandatanganan hingga satu tahun kedepan.

Ia juga menyebutkan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar pada 3 Februari 2015.

"Kami berharap kegiatan ini terlaksana dengan baik sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kinerja kami di Lapas Padang," ujarnya. (cpw)