Wako Pariaman: perempuan berperan penting tanamkan wawasan nilai kebangsaan

id Wako Pariaman,Tim PKK Se-Kota Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Wako Pariaman: perempuan berperan penting tanamkan wawasan nilai kebangsaan

Wako Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar saat membuka Pengukuhan Kader Sadar Bela Negara Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (Kader SABANA PKK) dan Orientasi Pembinaan Kesadaran Bagi Pengurus Tim PKK Se-Kota Pariaman di Pariaman, Rabu. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan kaum perempuan berperan penting dalam menanamkan wawasan nilai kebangsaan, cinta tanah air, rasa kebersamaan, dan mutualisme kepada anak bangsa guna mewujudkan bela negara dan ketahanan nasional.

"Peran perempuan dalam meningkatkan rasa bela negara sangat penting sekali, mulai dari meningkatkan ketahanan keluarga hingga menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pengasuhan anak dalam keluarga," kata Genius di Pariaman, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Pengukuhan Kader Sadar Bela Negara Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (Kader SABANA PKK) dan Orientasi Pembinaan Kesadaran Bagi Pengurus Tim PKK Se-Kota Pariaman di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan karena pentingnya peran tersebut maka dibentuklah 100 Kader SABANA PKK guna menambah wawasan dan pengetahuan tentang bela negara kepada pengurus dan Kader PKK yang didominasi oleh perempuan.

Diharapkan kader tersebut memiliki kemampuan mengimplementasikan pengetahuan nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan peran dan fungsinya sehingga muncul kader penyebarluasan kesadaran bela negara yang berasal dari para kader PKK di Pariaman.

"Kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional dan berkelanjutan. Sebagai warga negara dan terkait dengan program PKK maka kader PKK terutama ibu-ibu dinilai perlu mengerti pembinaan kesadaran bela negara untuk mengingatkan kembali nilai-nilai Pancasila," katanya.

Ia menyebutkan lima nilai dasar yang dikembangkan dalam bela negara agar menjadi landasan sikap dan perilaku warga negara.

Adapun lima nilai dasar tersebut yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta mempunyai kemampuan awal bela negara.

Genius mengatakan implementasi dari lima nilai dasar bela negara tersebut tertuang dengan cara dalam melaksanakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN).

Selain itu, lanjutnya PKBN juga penting sebagai bentuk revolusi mental dan membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh.