Anies sampaikan orasi kebangsaan usai daftar ke KPU

id Anies Baswedan,Gus Imin,KPU,pasangan AMIN,Pilpres 2024

Anies sampaikan orasi kebangsaan usai daftar ke KPU

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar orasi di depan KPU RI usai pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden di Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA/Hendri Sukma Indrawan

Jakarta (ANTARA) - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan orasi kebangsaan usai mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia pada hari pertama pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden, Kamis.

Anies terlebih dahulu menyampaikan orasinya di depan para pendukung dan simpatisan di depan kantor KPU pada pukul 11.00 WIB setelah menyelesaikan pendaftaran tersebut.

Bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu membuka orasinya dengan mengucapkan apresiasi kepada para relawan yang telah datang dari penjuru Indonesia.

"Teman-teman semua yang saya hormati yang saya banggakan hadir bersama kita semua para tokoh-tokoh relawan yang hadir bersama kita datang dari berbagai penjuru Indonesia khusus untuk mengantarkan pendaftaran ini," kata Anies di hadapan para pendukungnya di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta.

Dalam orasinya, ia mengatakan bahwa pasangan Anies-Gus Imin (Amin) optimistis membawa perubahan dan akan menghadirkan kesejahteraan bagi Indonesia.

"Hari ini kami sampaikan ke publik luas kepada seluruh rakyat Indonesia, jangan pernah ragu lagi mari bergabung bersama kami dalam gerakan perubahan. Buat yang kemarin masih meragukan apakah kapal yang dibangun ini akan belayar. Maka Anda saksikan hari ini layarnya berkembang tinggi dan amat luas. Segeralah bergabung ke kapal ini semangat perubahan dan kita akan mengarungi bahtera Indonesia yang adil untuk semua," ujar Anies.

Dalam orasinya, Anies tidak hanya ingin melindungi, mencerdaskan, dan memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia, tetapi juga ingin terlibat di dalam menjadikan dunia yang aman dan damai.

Ia juga mendukung kemerdekaan untuk Palestina.

"Karena itu, kita doakan saudara-saudara kita di Palestina yang masih terus menerus menghadapi gempuran dan cobaan. Mari kita tegakkan amanat kemerdekaan kita, semangat di Undang-Undang Dasar 45 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Oleh karena itu, kita terus dukung dan doakan Palestina segera merdeka dan dibebaskan dari penjajahan demi mendapatkan keadilan dan masa depan yang baik," kata Anies.

Anies juga meminta para pendukungnya untuk pulang dengan tertib serta menyapa pendukung bakal capres dan bakal cawapres lain yang juga mendaftar hari ini, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Saya minta kalian pulang dengan tertib, jika ketemu simpatisan lain berikan senyum yang lebar. kita saling senyum, saling sapa jaga kebersamaan. Salam kepada keluarga di rumah, sampaikan kepada semua bahwa kalian jadi saksi awal perubahan untuk Indonesia," tutupnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies sampaikan orasi kebangsaan usai daftar ke KPU