Pabrik Kacang "GDR" Hangus Terbakar

id Pabrik Kacang

Padang Panjang, (Antara) - Pabrik kacang "GDR" beserta dua unit rumah permanen di Nagari Panyalaian Tanah Datar, Sumatera Barat hangus terbakar, Selasa (1/3) sekitar pukul 15.30 Wib.

Menurut sejumlah saksi mata di lokasi kajadian perkara (TKP), kebakaran hebat itu terjadi begitu cepat, sehingga api membesar seketika dan malalap banguan di sekitar.

"Percikan api timbul di slang minyak yang bocor, spontan api langsung membesar," kata salah seorang pekerja di pabrik kacang "GDR" Fitri di lokasi keajadian.

Ketika api membesar, ia bersama rekan lainnya mencoba memadamkan api, namun tidak berhasil dan malahan api semakin membesar.

Tidak bisa dipadamkan kami langsung berlarian keluar dan menyelamatkan barang-barang yang bisa di bawa keluar," ujarnya.

Tidak lama berselang, mobil pemadam kebaran dari sejumlah daerah mulai dari Kota Padang Panjang, Tanah Datar, Kota Bukittinggi dan Payakumbuh tiba di lokasi kejadian.

Bersama masyarakat, petugas pemadam kebakaran bahu membahu memadamkan api dan baru bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudia.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Padang Panjang, Ismet membenarkan telah terjadi peristiwa kebakaran dan pihaknya sedang melakukan penyelidikan terhadap penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

"Kami sedang mendalami penyebab kebakaran ini. Untuk sementara lokasi akan dipasang garis polisi dan dibuka setelah diketahui penyebab kebaran diketahui," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. (*)