SKB Pariaman Adakan Pelatihan Menjahit Bagi Masyarakat

id Pelatihan Menjahit

Pariaman, (Antara) - Unit Pelaksana Teknis Daerah Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengadakan pelatihan keterampilan menjahit bagi masyarakat setempat.

Kepala UPTD SKB setempat, Arman di Pariaman, Selasa, mengatakan pelatihan dilakukan sejak awal September, namun peninjauan ke lapangan sudah dilakukan sejak Juli 2015.

"Sebelum melatih para peserta, kita terlebih dahulu mengadakan peninjauan ke lapangan dan mengadakan sosialisasi bagi yang mau ikut pelatihan menjahit," kata dia.

Dari sosialisasi yang dilakukan di empat kecamatan, baru 10 orang yang bersedia mengikuti pelatihan yang diberikan SKB setempat.

Pelatihan menjahit ini diperkirakan akan selesai pada akhir Desember 2015, dimana setiap peserta menerima jatah kursus sebanyak 200 jam.

"Dalam sehari mereka akan berlatih selama lima jam, untuk 40 kali pertemuan," ucap dia.

Untuk peralatan sendiri seperti mesin jahit ditanggung langsung oleh setiap peserta, karena SKB setempat tidak memiliki peralatan yang memadai.

Lebih jauh dikatakannya, sasaran kegiatan ini guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan memiliki kemampuan serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Sementara itu Ria (32) salah seorang peserta warga Kampung Jawo, Kecamatan Pariaman Tengah, mengaku senang dengan adanya pelatihan ini karena telah membantu mengembangkan keterampilan menjahitnya.

"Sebelumnya saya sama sekali tidak bisa menjahit, namun karena adanya pelatihan ini saya sudah bisa menjahit dan membentuk pola-pola jahitan," kata dia.

Ia yang saat ini masih menjalani pelatihan mengaku berencana membuka jasa terima jahitan di rumahnya dengan bermodal keterampilan yang dimiliki. (*)