BLK Komunitas M Natsir Solok adakan pelatihan menjahit untuk milenial di saat pandemi COVID-19

id berita kabupaten solok,berita sumbar,blk

BLK Komunitas M Natsir Solok adakan pelatihan menjahit untuk milenial di saat pandemi COVID-19

Pelatihan menjahit BLK Komunitas M Natsir di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti,  Kabupaten Solok,  Sumbar. (Antarasumbar/Laila Syafarud)

Ini merupakan pelatihan menjahit yang pertama diadakan di BLK Komunitas M Natsir Kabupaten Solok,
Arosuka (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas M Natsir, Kabupaten Solok, Sumbar mengadakan pelatihan menjahit untuk milenial sebagai salah satu upaya memulihkan ketenagakerjaan dan mengurangi pengangguran saat ini.

"Ini merupakan pelatihan menjahit yang pertama diadakan di BLK Komunitas M Natsir Kabupaten Solok dan diikuti oleh 16 peserta," kata Kepala BLK Komunitas M Natsir Kabupaten Solok, Azhar L Gumanti di Solok, Selasa.

Kendati di tengah pandemi COVID-19, Azhar mengatakan pelaksanaan kegiatan pelatihan itu tetap menerapkan protokol kesehatan berstandar COVID-19, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan.

Selain itu, ia mengatakan BLK Komunitas ini baru berdiri sejak akhir 2020 lalu dan memulai pelatihan khusus kejuruan menjahit angkatan pertama pada Juli 2021 di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar.

"Biasanya untuk wilayah Kabupaten Solok, hanya ada UPTD BLK di daerah Lubuk Selasih, perbatasan Padang dan Solok, namun sekarang sudah ada di sini. Sehingga masyarakat tidak kesulitan ikut pelatihan," ucap dia.

Saat pertama kali dibuka pelatihan masyarakat sangat antusiasme, bahkan mencapai 31 orang lebih yang mendaftar melalui daring. Namun setelah diadakan seleksi yang lolos hanya 16 orang.

"Pelatihan ini diadakan gratis selama 30 hari, peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat, uang jalan, dan sertifikat serta tidak dibatasi umur dan bebas asalkan ada keinginan untuk mengikuti pelatihan. Setidaknya tamat SMP karena berlu hitungan saat mengukur kain," kata dia.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran.

"Selain itu, kami berharap nantinya akan ada sentral busana untuk wilayah Solok bagian Selatan. Diharapkan nanti banyak berdiri konfeksi busana di wilayah selatan karena belum adanya konfeksi di sini," kata dia.

Di samping itu, Staf Pemberdayaan UPTP BLK Padang, Vina Azatri mengatakan BLK Komunitas ini di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan melalui UPTP BLK Padang. Diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi jumlah pengangguran.

Vina mengatakan saat ini UPTP BLK Padang menaungi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK serta BLK Komunitas untuk wilayah Sumbar dan Kepulauan Riau.

Pengembangan BLK Komunitas di UPTP BLK Padang ini sudah diadakan sejak 2018 di beberapa daerah di Sumbar dan Kepulauan Riau.

"Untuk di wilayah Sumbar sendiri terdapat sekitar 30 BLK Komunitas yang sudah dikembangkan sejak 2018 lalu dan yang baru dimulai saat ini, yakni BLK Komunitas M Natsir di Kabupaten Solok," kata dia.

Selain itu, menurutnya saat ini pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan terus bekerja keras memulihkan sektor ketenagakerjaan di Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021