Ciptakan lapangan kerja, anggota DPRD Pasbar berikan mesin jahit dan pembekalan menjahit

id Adriwilza,berita sumbar,berita pasaman barat

Ciptakan lapangan kerja, anggota DPRD Pasbar berikan mesin jahit dan pembekalan menjahit

Anggota DPRD Pasaman Barat Adriwilza saat menyerahkan bantuan mesin jahit saat pembekalan tenaga kerja mandiri kepada kelompok ibu rumah tangga di Kelompok Mawar 2 Tapalan Sukamenanti Aua Kuning Kecamatan Pasaman. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Anggota DPRD Pasaman Barat, Sumatera Barat Adriwilza memberikan pembekalan dan pelatihan tenaga kerja mandiri bagi ibu rumah tangga dalam rangka menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi keluarga.

"Kita bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat dan tenaga pendidik dari Lubuk Sikaping Pasaman memberikan pembekalan," kata Adriwilza di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan pembekalan dan pelatihan tenaga kerja mandiri itu dilaksanakan di Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Talamau.

"Untuk kelompok menjahit sebanyak 66 orang dan kita memberikan mesin jahit beserta peralatannya," sebutnya.

Menurutnya peserta dari pembekalan kerja dan pelatihan ini diberikan kepada ibu rumah tangga sehingga mereka bisa bekerja dari rumah untuk membantu ekonomi keluarga.

Hasil yang diharapkan, katanya akan membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan jika sudah mahir menjahit maka mengarah kepada konveksi yang tentunya akan menambah pendapatan keluarga.

Selain pembekalan menjahit dan pelatihan, pihaknya juga memberikan pembekalan bidang promosi, administrasi keuangan dan promisi UMKM.

"Ada 12 kelompok menjahit, tiga kelompok memasak atau boga yang akan terus dilatih kedepannya," ujarnya.

Ia menilai pembekalan kepada ibu rumah tangga sangat penting diberikan apalagi dengan praktek langsung karena mesin jahitnya juga diberikan.

"Diharapkan tentu mesin jahit ini bisa digunakan untuk menambah penghasilan jika hasil jahitannya sudah mulai bagus," katanya.

Apalagi, katanya ibu rumah tangga yang tidak bekerja bisa membantu menambah penghasilan suami yang bekerja.

"Terpenting sekali adalah kemauan. Kami sebagai wakil rakyat akan terus memperjuangkan dan memberikan bantuan melalui APBD Pemkab Pasaman Barat," tegasnya.

Diantara kelompok yang diberikan pembekalan dan pelatihan adalah Kelompok Mawar 2 Tapalan Sukamenanti Aua Kuning Kecamatan Pasaman dan Kelompok Tenaga Kerja Mandiri Harapan Maju Jorong Panaroman Nagari Sinuruik Talamau.

Kemudian Kelompok Tenaga Kerja Madiri (TKM) Mawar 2 Tapalan Sukamenanti Aua Kuning dan Kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Harapan Maju Rimbi Binuang.***3***
Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022