Bakohumas Sumbar Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2015

id Sukseskan Pilkada 2015

Padang, (Antara) - Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Sumatera Barat, mengajak masyarakat melalui kegiatan silaturrahmi kehumasan daerah untuk ikut serta menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015.

"Partisipasi masyarakat terkait pilkada saat ini masih kurang sehingga perlu dilakukan berbagai sosialisasi sampai ke seluruh desa dan nagari di Sumbar," kata Kepala Biro Humas Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumbar, Irwan di Padang, Rabu.

Ia mengatakan banyak nagari yang tidak mendapatkan sosialisasi pilkada karena tidak terdapat media cetak dan elektronik.

"Sosialisasi ini nantinya akan dilakukan melalui poster-poster, baliho, spanduk, tutorial dan dialog," kata dia.

Terkait publikasi dan ajakan menyukseskan pilkada kepada masyarakat, bakohumas dan Pemprov Sumbar memiliki anggaran sendiri yang berbeda dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia mengatakan pemprov telah menganggarkan Rp500 juta untuk kegiatan pilkada dan Rp300 juta di antaranya ialah anggaran publikasi.

"Pemprov memiliki keterbatasan anggaran sehingga bantuan dari media akan sangat membantu dalam menyukseskan pilkada," ujar dia.

Ia mengatakan Pemprov Sumbar termasuk Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan hak pilih saat pilkada mendatang.

"Setiap individu harus dapat menyukseskan pilkada karena hasilnya akan dirasakan bersama-sama," kata dia.

Sementara anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Fikon mengatakan pihaknya gencar melakukan sosialisasi pilkada untuk mencegah dan meminimalisir angka golput.

"Kami melakukan sosialisasi dengan datang ke kampus-kampus, diskusi dan tatap muka dengan tokoh masyarakat, bekerjasama dengan Komunitas Pemusik Jalanan (KPJ) serta melalui media cetak dan elektronik," kata dia.(*)