Kasdam: Perbatasan RI-PNG Kondusif Jelang HUT Kemerdekaan

id perbatasan, RI-PNG, kondusif

Jayapura, (AntaraSumbar) - Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan kondisi keamanan di daerah perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) kondusif menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70.

"Alhamdulillah sampai dengan saat ini cukup kondusif di perbatasan, tidak perlu dikhawatirkan," katanya di sela-sela lomba kuliner dan peragaan busana nusantara di halaman Makodam, Bukit Polimak, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Bahkan, kata dia, jajaran di perbatasan menyelenggarakan berbagai kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70 seperti jalan santai, lari dari Vanimo, PNG ke SKouw, Kota Jayapura, bazar, dan pasar murah.

"Cukup meriah dan masyarakat perbatasan sangat antusias menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70," katanya.

Mengenai informasi adanya penurunan bendera secara paksa di Sota, Kabupaten Merauke, yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini, Tatang mengemukakan informasi itu sedang ditelusuri kebenarannya.

"Sampai saat ini belum ada laporan kepada saya. Tapi jajaran di lapangan sedang menelusuri informasi tersebut," kata dia.

Sedangkan untuk di Timika, Kabupaten Mimika, terkait adanya informasi pembakaran bendera Merah Putih, Asintel Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Syafe'i membenarkan hal itu.

"Sebenarnya itu masyarakat yang melaporkan ke Mapolsek Miru bahwa ada demikian, hanya pelaku belum diketahui. Sedangkan pihak polsek sewaktu terima laporan langsung ke lapangan dan juga belum mengetahui motif dari pembakaran tersebut," katanya. (*)