Froome Juara Tour de France

id Froome, Juara, Tour, de, France

Paris, (AntaraSumbar) - Chris Froome untuk kedua kalinya berhasil menjuarai lomba balap sepeda Tour de France yang hari Minggu menyelesaikan etape 21 atau terakhir di Paris.

Pebalap Inggris berusia 30 tahun itu melintasi garis finis di Champs Elysees bergandengan dengan rekan-rekannya dalam tim Sky untuk memastikan gelar juara yang kedua kalinya setelah tahun 2013.

"Ini lomba yang begitu hebat, saya begitu emosional," kata Froome setelah menyelesaikan lomba ini, dimana ia sempat diejek dan dilempar botol berisi urine oleh penonton yang curiga adanya doping.

"Tentu ini adalah lomba yang berat, di atas sepeda atau pun di luar. Saya senang berada di sini dengan kaos kuning juara. Ada beberapa gangguan, tapi inilah lomba di tahun 2015," katanya.

Sementara itu pebalap Jerman Andre Greipel memenangi etape terakhir, mengungguli atlet Prancis Bryan Coquard dan Alexander Kristoff dari Norwegia.

Dalam klasemen umum, peringkat kedua ditempati Nairo Quintana dari Kolombia, ketiga Alejandro Valverde dari Spanyol yang encatat hasil terbaik di Tour de France di usianya yang ke-35.

"Saya tidak kecewa. Saya telah menegaskan kemampuan saya dan status saya dalam tim," kata Quintana.

"Saya baru 25 tahun, jadi saya punya banyak kesempatan untuk mencoba memenangi tur ini," katanya.

"Ia (Froome) adalah rival yang hebat. Ia melewati hal sulit untuk meraih kemenangan, dan sangat kuat, ia berhak mendapatkan ini," kata Quintana. (afp)