Diwakili Kelurahan Banda Buek, Kota Padang Bertekad Pertahankan Juara Umum Lomba Gerakan PKK

id PKK

Diwakili Kelurahan Banda Buek, Kota Padang Bertekad Pertahankan Juara Umum Lomba Gerakan PKK

Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa sambut tim provinsi. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) -

Mewakili Kota Padang dalam ajang Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan resmi dinilai Senin (29/4/2024), oleh TP-PKK Provinsi Sumbar yang dipimpin oleh Ny. Harneli Mahyeldi.

Kedatangan rombongan Tim Penilai disambut antusias oleh Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, serta Ketua TP-PKK Kecamatan Luki Ny. Rini Masbiran dan Ketua TP-PKK Kelurahan Banda Buek Ny. Titin Naswandi.

Juga hadir saat itu Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Padang, Camat Luki Afrialdi Masbiran beserta Lurah hingga Ketua TP-PKK dan kader PKK Kelurahan se-Kecamatan Luki. Juga terlihat Anggota DPRD Kota Padang Surya Jufri Bitel dan elemen masyarakat di Kelurahan Banda Buek.

Wali Kota Padang dalam sambutannya berharap, Kota Padang yang kali ini diwakili TP-PKK Kelurahan Banda Buek dapat menjadi juara umum sama seperti yang telah diraih TP-PKK Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah di tahun sebelumnya.

"Saya berharap, keberadaan TP-PKK bukan untuk mengejar penilaian ini semata. Tapi bagaimana PKK sesuai 10 program pokoknya selalu hadir dan berbuat di tengah masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi mengatakan, penilaian lomba gerakan PKK tingkat provinsi ini merupakan bagian dari program kerja TP-PKK Sumbar.

"Dalam lomba gerakan PKK ini terdapat lima kategori yang dilombakan. Diantaranya mulai dari penilaian Tertib Kelembagaan dan Administrasi PKK, lalu (PAAREDI) Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (Pokja I) dan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga atau UP2K PKK (Pokja II). Selanjutnya penilaian terhadap Aku Hatinya PKK (Pokja III) dan Lomba PHBS Plus (Pokja IV)," jelas perempuan yang akrab disapa Ummi itu.

Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa menyebutkan, terpilihnya TP-PKK Kelurahan Banda Buek mewakili Kota Padang dikarenakan mempunyai kelebihan dari TP-PKK kelurahan yang lainnya di Kota Padang.

"Kelebihan yang dimiliki TP-PKK Kelurahan Banda Buek mulai dari tertib administrasi yang tertata dengan baik dan mempergunakan medsos untuk mempermudah komunikasi dan pemberitaan setiap kegiatan yang dilakukan," sebutnya.

Pada Pokja I terang Ny. Genny, terdapatnya masjid ramah anak yang mendukung kegiatan PAAREDI serta pada Pokja II memiliki beberapa produk hasil olahan sirsak dan madu galo-galo.

"Sementara pada Pokja III yaitu terdapatnya rumah bibit yang melayani kebutuhan warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan pangan. Sedangkan di Pokja IV adanya pemberian ASI eksklusif selama enam bulan disertai pemberian sertifikat anak sehat bagi yang mengikuti Posyandu selama lima tahun," tukasnya.*