Polres Dharmasraya Apel Gabungan Jelang Operasi Ketupat

id Apel Gabungan

Pulau Punjung, (Antara) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar apel gabungan dalam rangka persiapan Operasi Ketupat 2015 untuk pengamanan libur lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah di halaman Polres setempat, Jumat.

Bupati Dharmasraya Adi Gunawan yang bertindak sebagai inspektur upacara meminta semua unsur yang terlibat dalam operasi ini agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas agar operasi berjalan sukses.

Langkah antisipatif yang sudah dirumuskan secara matang agar dapat terlaksana dengan baik dan menanamkan sinergitas antara seluruh stakeholders.

Ia mengharapkan seluruh personel tetap menjaga kedisiplinan dan tanggung jawab saat bertugas, mengingat saat mudik lebaran tingkat kecelakaan serta kejahatan rawan terjadi.

"Memang akan terasa sulit ketika orang-orang berkumpul dengan keluarga saat lebaran, tetapi personel gabungan masih saja bertugas, namun itulah bentuk pengabdian kita kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kapolres Dharmasraya AKBP Bondan Wijaktsono mengatakan, sebanyak 246 personel gabungan siap mengamankan Operasi Ketupat 2015.

"Tim gabungan terdiri dari 150 personel Polres Dharmasraya, 10 personil TNI, 40 personil Dinas Perhubungan, 20 personel Satpol PP, 20 personel BPBD, 10 personel Dinas Pekerjaan Umum dan 16 tenaga medis," kata dia.

Tim ini nantinya akan dibagi mejadi dua pos pengamanan dan pelayanan, kemudian akan ditempatkan di empat titik Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang melintasi Dharmasraya.

Ia menjelaskan, dua titik pos pengamanan terletak di Nagari Sialang, Kecamatan Pulau Punjung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sijunjung.

Dan Nagari Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Muaro Bungo, Provinsi Jambi.

Sedangkan dua titik pos pelayanan terletak di kawasan Umega Grup Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung dan Alam Raya Nagari Silanggaung, Kecamatan Koto Baru.

Ia menambahkan, operasi ketupat ini nantinya akan berlangsung selama 16 hari, dimulai 10 Juli hingga 25 Juli 2015. (*)