Siti Manggopoh Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

id Siti, Manggopoh, Diusulkan, Jadi, Pahlawan, Nasional

Padang, (AntaraSumbar) - Masyarakat Nagari Manggopoh Kabupaten Agam meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk memperjuangkan pahlawan perempuan dari daerah mereka, Siti Manggopoh, untuk menjadi Pahlawan Nasional.

"Siti Manggopoh adalah srikandi asal Minangkabau yang berani menentang penjajah Belanda. Atas jasanya tersebut, Jendral Nasution pernah berjanji menjadikannya sebagai Pahlawan Nasional, namun sampai sekarang belum terwujud," kata pemuka adatnya Nagari Manggopoh, Agam, Datuak Rajo Lelo saat berjumpa tim Safari Ramadhan dipimpin Wakil Gubernur, Muslim Kasim, Minggu di Mesjid Pahlawan Nagari Manggopoh.

Menurut dia, selain Siti manggopoh, nagari tersebut juga memiliki banyak pahlawan yang lain, ditandai dengan banyaknya makam pahlawan yang terletak di depan mesjid.

"Pahlawan dari manggopoh ini banyak yang gugur saat melawan Belanda, salah satunya Siti Manggopoh," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Muslim Kasim yang juga sebagai Ketua Forum Pembuka Sejarah Sumatera Barat mengatakan akan berusaha keras untuk mewujudkan keinginan masyarakat itu.

Namun dia mengingatkan proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Kita terlebih dahulu akan mengadakan seminar dan kajian-kajian, bagaimana pun juga seorang pahlawan yang juga manusia tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan, tetapi kita melihat dari sisi kelebihannya, seorang wanita pada zaman itu ikut menentang penjajahan," katanya.

Dia menilai kalau Kartini saja bisa dijadikan Pahlawan Nasional, tentu Siti Manggopoh juga bisa.

"Mereka hanya berbeda dalam cara berjuang, Kartini dengan penanya, sedangkan Siti Manggopoh dengan Keberaniannya membunuh Belanda", katanya. (*)