Pemprov Sumbar perbaiki jalan Manggopoh-Padang Lua Agam

id Pemprov Sumbar ,Berita sumbar

Pemprov Sumbar perbaiki jalan Manggopoh-Padang Lua Agam

Pekerja sedang perbaikan jalan Manggopoh Kabupaten Agam. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memperbaiki ruas jalan dari Simpang Gudang Manggopoh menuju Padang Luar, Kabupaten Agam, mengalami rusak ringan untuk memperlancar lalu lintas dan pengguna jalan nyaman melewati daerah itu.

Kasi I Jalan dan Jembatan UPTD Wilayah III Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sumbar Anke Dwila Yunifa di Lubuk Basung, Rabu (4/10), mengatakan penambalan cekungan atau lobang itu telah dilakukan beberapa hari terakhir di Manggopoh-Padang Luar dan di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

"Saat ini kita sedang melakukan perbaikan ringan di sepanjang jalan Manggopoh Padang Luar dan beberapa hari kedepan kita selesaikan," katanya.

Ia mengatakan, perbaikan jalan itu melalui Dana Pemeliharaan Rutin Tahun Anggaran 2023 dengan penambalan cekungan atau lobang yang ada.

Di Simpang Manggopoh menuju Balai Selasa Nagari atau Desa Adat Kampung Pinang, Kecamatan Lubuk Basung juga dilakukan pelebaran jalan yang telah dikerjakan selama dua tahun terakhir.

Pemprov Sumbar juga membangun jembatan Batang Kurambiak di Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya dan pembangunan jembatan sudah selesai.

"Jembatan itu mengalami rusak akibat banjir. Saat ini sudah selesai dan sudah bisa dilalui kendaraan," katanya.

Ia menambahkan, perbaikan ringan ini diharapkan akan memperlancar lalu lintas masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari khususnya masyarakat Agam.

"Kita harapkan dengan adanya perbaikan dengan melakukan penambalan ini dapat memperlancar mobilitas masyarakat," katanya.

Ia mengakui, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengusulkan dana Rp54 miliar untuk pengaspalan ulang ke Pemerintah Pusat dan diharapkan secepatnya bisa direalisasikan.

"Kita dari provinsi telah mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk melakukan pengaspalan ulang dan kita harapkan pada 2024 bisa dilaksanakan," katanya.

Ia mengimbau pengendara untuk berhati-hati dalam menghindari terjadinya kecelakaan, karena belum semua kerusakan diperbaiki lantaran keterbatasan anggaran.

"Kita berharap kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan dengan memperhatikan kecepatan," katanya.