Wagub: Tradisi Patang Balimau Berimbas Kepada Perekonomian

id Wagub, Tradisi, Patang, Balimau

Sarilamak, (AntaraSumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengatakan kegiatan Patang Balimau atau tradisi menyambut bulan Ramadhan di Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota akan memberikan dampak kepada perekonomian masyarakat sekitar.

"Selain sebagai hiburan, para pedagang banyak yang diuntungkan dengan adanya kegiatan ini," katanya saat menghadiri pelaksanaan Patang Balimau di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru Rabu.

Dia mengapresiasi pemerintah dan masyarakat setempat yang untuk terus melestarikan kebudayaan penyambutan Ramadhan tersebut.

Ke depannya agar tradisi tersebut akan dijadikan kalender pariwisata tingkat provinsi sehingga hiburan permainan anak nagari (desa adat) sehingga lebih banyak orang yang mengetahuinya, ujarnya.

"Dengan demikian pengunjungnya tidak hanya dari Kabupaten Limapuluh Kota saja, melainkan juga dari daerah sekitar," katanya.

Selain aspek ekonomi kegiatan tersebut juga akan meningkat rasa sosial antar sesama masyarakat, baik bagi mereka yang berdomisili di kampung maupun di rantau, sebutnya.

Kemudian dia mengimbau kepada para perantau agar berkontribusi agar hiburan anak nagari tersebut terlaksana lebih baik untuk masa yang akan datang.

Dia menambahkan, menurut penilaiannya kagiatan Patang Balimau itu tidak ada yang bermuara kepada hal-hal yang negatif, untuk itu tradisi tersebut perlu dipertahankan.

Salah seorang Warga Pangkalan Ansor menyarankan agar membenahi fasilitas yang ada di sekitar lokasi pelaksanaan tradisi Patang Balimau itu.

Ia menyebutkan, diantara yang perlu itu adalah, tempat untuk para pengunjung untuk menyaksikan kegiatan tersebut dan parkir kendaraan sehingga tidak menyebabkan jalan lintas Sumbar-Riau macet sebab lokasi pelaksanaanya dipinggir jalur utama. (*)