Agam Bagikan Sebo dan Syal untuk Pembalap TdS

id Agam Bagikan Sebo dan Syal untuk Pembalap TdS

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, membagikan sebanyak 480 cinderamata khas daerah itu yang akan diserahkan untuk pebalap dan ofisial Tour de Singkarak (TdS).

Cinderamata berupa sebo penutup kepala dan syal ini diserahkan langsung uda dan uni Kabupaten Agam sebelum penyerahan hadiah di Lawang Adventure Park, Selasa (10/6).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, Junaidi, mengatakan cinderamata ini seperti topi sebo atau penutup kepala dengan tulisan Maninjau sebanyak 240 lembar dan syal dengan tulisan Kelok 44 dan Maninjau sebanyak 240 lembar.

"Ke 480 lembar topi sebo dan syal ini akan diserahkan untuk atlet dengan jumlah sebanyak 160 orang dan ofisial sebanyak 80 orang," katanya.

Menurut dia, ini bertujuan untuk mengenalkan cinderamata khas dari Kabupaten Agam. Lalu mempromosikan objek wisata Maninjau dan Kelok 44 ke masyarakat luas, karena peserta ini berasal dari 23 negara seperti Jerman, Taipe, Iran, Filipina, Australia dan lainnya.

Selain itu, untuk meningkatkan ekonomi kretaif masyarakat, karena topi sebo dan syal ini merupakan hasil industri rumah tangga dari masyarakat Sungai Pua.

"Ini merupakan keinginan kita, sehingga objek wisata Maninjau dan Kelok 44 dikenal masyarakat luas dan ekonomi masyarakat akan meningkat," katanya.

Selain meyerahkan sebo dan syah, Pemkab Agam juga menyuguhkan minuman air tebu untuk pembalap. (ari)