Suber Bukittinggi-Agam bagikan takjil ke Ponpes dan Panti selama Ramadan

id Suber Bukittinggi-,takjil gratis Ramadan d bukittinggi,berita sumbar,berita bukittinggi

Suber Bukittinggi-Agam bagikan takjil ke Ponpes dan Panti selama Ramadan

Pelajar pesantren di Kota Bukittinggi meneriman takjil gratis Ramadan dari Panitia Subuh Berjamaah Bukittinggi Agam (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Aktivitas berbagi makanan berbuka puasa atau takjil gratis terus berjalan di daerah Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Salah satunya dari Panitia Subuh Berjamaah (Suber) yang membagikan takjil ke Pondok Pesantren (Ponpes) hingga Panti Asuhan.

"Alhamdulillah kegiatan berbagi takjil rutin kami selenggarakan tiap Ramadan sejak awal terbentuk Panitia Subuh Berjamaah Bukittinggi Agam di 2016," kata Ketua Harian Suber, Ridwan di Bukittinggi, Kamis.

Ia mengungkap Panitia Suber mendata sebelumnya Ponpes dan Panti Asuhan yang ada di wilayah Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam untuk menyalurkan takjil gratis.

"Takjil itu bersumber dari sumbangan para Hamba Allah dan kelompok panitia yang kemudian dibungkus dan disalurkan langsung ke Ponpes dan Panti Asuhan," kata dia.

Selain ke Ponpes dan Panti Asuhan, Suber juga menyalurkan takjil ke warga dan pengendara di jalanan yang pembagiannya dilaksanakan di jalan utama Kota Bukittinggi.

"Hingga awal Ramadan tahun ini, setidaknya ada 20 lokasi pembagian takjil yang dibagikan. Semoga pahala berpuasa mereka yang dibagikan takjil juga didapatkan pemberi donasi," kata Ridwan.

Ia menambahkan berbagi takjil juga menjadi bentuk ungkapan rasa syukur atas kelimpahan rejeki dan peduli sesama kaum muslim di Bukittinggi dan Agam.

Panitia Subuh Berjamaah merupakan relawan kegiatan keagamaan ibadah shalat malam dan Shalat Subuh yang hadir sejak bela ulama dan Aksi 212 di 2016.

Salah satu motor penggerak kegiatan ini adalah gabungan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Selain subuh berjamaah, panitia gabungan juga kerap mengundang Ulama terkenal dalam rangkaian kegiatan dakwah Tabligh Akbar.

Diantaranya, Ustaz Abdul Somad, Ustaz Asi Hidayat, Ustaz Felix Siaw, Ustaz Bachtiar Nasir, Ustaz Salim A Fillah, Ustaz Fadhlan Garamatan, Almarhum Ustaz Teungku Zulkarnain dan lainnya.

Ratusan hingga ribuan orang menjadi jamaah kegiatan rutin keagamaan itu yang berasal tidak saja dari Bukittinggi dan Agam.