PIALA ADIPURA DISAMBUT SUKA CITA

id PIALA ADIPURA DISAMBUT SUKA CITA

Padangpanjang, (ANTARA) - Piala Adipura kategori kota kecil yang diperoleh Kota Padangpanjang disambut suka cita oleh warga dan aparatur pemerintah setempat, Rabu.

"Kita senang dan bangga prestasi yang diperoleh Padangpanjang di bidang kebersihan ini. keberhasilan ini harus dirayakan dengan suka cita," ujar Iswandi salah seorang warga Kota Padangpanjang yang hadir dalam penyembutan kedatangan piala Adipura di halaman balai kota setempat, Rabu (6/6).

Menurut dia, prestasi yang diperoleh itu merupakan hasil jerih payah dari pemerintah dan masyarakat selama ini dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

"Sebetulnya apa yang kita lakukan selama ini sudah menjadi aktivitas rutin dilingkungan masing-masing untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat," katanya.

Perasaan yang sama juga disampaikan salah seorang aparatur pemerintah Syamsuarman. ia menilai suatu pekerjaan apabila dilakukan dengan ikhlas akan menuai hasil yang memuaskan.

"Seperti yang kita rasakan saat ini. Prestasi ini merupakan buah dari keikhlasan kita selama ini dalam bekerja untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut dia, suatu pekerjaan apabila tidak didukung oleh seluruh komponen maka hasil yang akan didapat tidak memuaskan.

"Namun di Kota Padangpanjang selama ini tidak terjadi hal yang demikian, karena sejumlah prestasi diberbagai bidang sudah diraih oleh pemerintah dan masyarakat kota perlintasan ini," katanya.

Wali Kota Padangpanjang Suir Syam bangga dengan partisipasi masyarakat terhadap pemerintah selama ini yang berorientasi kepada sejumlah prestasi.

"Ini merupakan hasil peranserta masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat, sehingga pemerintah pusat menempatkan Kota Padangpanjang salah satu yang terbersih di Indonesia bersama tiga kota lainnya di Sumbar.

Menurutnya, penghargaan itu pertanda bahwa kebersihan Padangpanjang telah diakui secara nasional. Kendati demikian, dirinya mengharapkan agar kesadaran akan kebersihan tidak hanya didasarkan pada penilaian Adipura, melainkan juga bisa dijadikan sebagai gaya hidup masyarakat.

Dikatakan, gaya hidup bersih akan bermanfaat bagi seluruh masyarakat, seperti kesehatan yang membaik dan bisa terhindar dari bencana banjir akibat penumpukan sampah.

Dalam penilaian Adipura, setidaknya ada 61 titik pantau yang diamati tim penilai. Hal ini meliputi; jalan, saluran, sekolah, kantor, perumahan, terminal, rumah sakit dan tempat pemoresan akhir (TPA).

Program Padangpanjang sejak beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan peran masyarakat dalam kebersihan dan keindahan lingkungan sudah menyebarkan drum kompos cair kepada masyarakat sebanyak 100 unit. (ben)