Solok peroleh Sertifikat Adipura 2023 dari KLHK RI kategori kota kecil

id Solok, peroleh sertifikat, adipura 2023, dari KLHK RI, kategori kota kecil

Solok peroleh Sertifikat Adipura 2023 dari KLHK RI kategori kota kecil

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menerima Sertifikat Adipura tahun 2023 dari KLHK RI kategori kota kecil (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat, kembali menorehkan prestasi dengan memperoleh Sertifikat Adipura Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI kategori kota kecil.

Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian Umar di Solok, Kamis, mengatakan bagi Kota Solok ini merupakan sebuah prestasi tersendiri di mana hasil kerja keras semua pihak. Terutama dalam hal peningkatan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan sampai pengelolaan sampah dan hal ini harus ditingkatkan.

Wali Kota Solok juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga penghargaan adipura tahun 2023 tersebut kembali diraih.

”Saya atas nama pemerintah Kota Solok mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, pemangku kepentingan dan tentunya saudara-saudara pahlawan kebersihan," ujar dia.

Ia juga mengapresiasi unsur pimpinan atas dukungan penuh dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok bersama pasukan kuning atau tim kebersihan sehingga piala adipura kembali diraih Kota Solok.

Ia berharap semoga penghargaan tersebut menjadikan Kota Solok semakin diberkahi, maju dan sejahtera serta menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus menjaga kebersihan lingkungan agar tetap hijau dan lestari dan pengelolaan sampai menjadi semakin baik lagi.

Selain itu, sebelumnya sebanyak 150 kabupaten dan kota menerima penghargaan Adipura untuk berbagai kategori yang diselenggarakan di Gedung Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (5/3) lalu.

Penilaian Adipura tahun ini dilaksanakan terhadap 259 kabupaten/kota atau 50,39 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Penilaian ini dijalankan dengan mengedepankan kaidah Good Governance, yakni proses monitoring dan evaluasi secara obyektif sesuai dengan peraturan serta kebijakan yang berlaku.

Penghargaan tertinggi, yakni Adipura Kencana, diraih oleh lima kabupaten/kota yang terdiri dari tiga peraih kategori kota sedang, satu kota besar, dan satu kota metropolitan.

Peraih Adipura Kencana untuk kategori kota sedang adalah Bontang, Ciamis, dan Bitung. Sementara untuk kategori kota besar adalah Balikpapan dan untuk kota metropolitan adalah Surabaya.

Selain itu, penghargaan kategori Adipura diraih oleh 106 kabupaten/kota. Kemudian empat kabupaten/kota juga meraih penghargaan kategori Plakat Adipura sebagai lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik.

Sementara kategori Sertifikat Adipura diberikan kepada 51 kabupaten/kota karena dinilai memiliki upaya yang baik atas kinerja dalam pengelolaan sampah dari sumbernya.*