Pemkot Bukittinggi lakukan persiapan penilaian Adipura 2023

id Persiapan lomba adipura

Pemkot Bukittinggi lakukan persiapan penilaian Adipura 2023

Kantor Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Pemerintah daerah setempat melakukan persiapan penilaian Adipura 2023, Jumat (8/9/2023). (Antara/Altas Maulana)

Bukittinggi,- (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, melakukan persiapan menghadapi Penilaian Adipura 2023, di antaranya dilakukan rapat koordinasi antar satuan kerja pemerintah daerah setempat.

"Penilaian Adipura tahun 2023 ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sehingga diperlukan kesiapan yang matang dari seluruh SKPD terkait. Kami melakukan rapat koordinasi sebagai langkah awal," kata Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Martias Wanto, Jumat.

Ia menjelaskan Adipura merupakan instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah kabupaten kota dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah.

"Juga pengelolaan ruang terbuka hijau dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh dan berkelanjutan," katanya.

Ia meminta ASN Bukittinggi, tidak saja Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk bekerja sama melahirkan program pendukung meraih Piala Adipura yang terakhir kali diraih pada 2019.

"Masing-masing SKPD harus untuk saling berkolaborasi sehingga program meraih Adipura berjalan baik. Kepada seluruh stakeholder agar bekerja keras, menjaga kebersihan kota, merawat lingkungan berkelanjutan, sehingga kita bisa mendapatkan Adipura kembali yang akan diumumkan di tahun 2024 nanti," ungkapnya.

Ia mengimbau untuk terus mengoptimalkan pembenahan drainase dan pembersihan gulma di lingkungan masing-masing serta meminta seluruh kelurahan untuk menghidupkan kembali kegiatan Jumat bersih bersama masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi Aldiasnur mengapresiasi SKPD terkait beserta jajaran yang memberikan respon dengan program-program untuk meraih Piala Adipura.

"Kita bekerjasama dan punya tanggung jawab sama bersama demi Bukittinggi merebut penghargaan kota bersih Adipura tahun 2023, mari saling bahu membahu dan membantu menyediakan kantong kantong sampah," katanya.

Ia mengungkapkan titik-titik pantau untuk Adipura 2023 berada di kawasan pemukiman padat penduduk, perkantoran, rumah sakit, dan fasilitas pengelolaan sampah yang dikelola Pemkot Bukittinggi serta pasar dan pertokoan termasuk terminal.

"Saya yakin dengan kolaborasi seluruh ASN kota Bukittinggi, Piala Adipura tahun 2023 kembali kita raih," katanya.*