Padang Panjang akan Catatkan Rekor MURI Memasak "Cangkuak"

id CANGKUAK

Padang Panjang akan Catatkan Rekor MURI Memasak "Cangkuak"

Masakan cangkuak. (cookpad.com)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menargetkan tercatat dalam Museum Rekor Dunia- Indonesia (MURI) untuk pergelaran memasak "cangkuak" sepanjang 1.227 meter dalam rangka Hari Ulang Tahun kota itu ke-227 tahun.

"Kami akan persembahkan sebagai kado ulang tahun kota memasak cangkuak (ikan asin) dengan panjang 1.227 meter," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang Panjang melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Busmar Candra di Padang Panjang, Senin.

Cangkuak merupakan masakan berkuah tradisional asal Padang Panjang yang berbahan ikan teri kentang dan tahu serta bawang-bawangan.

Ia berharap festival memasak "cangkuak" yang akan dilaksanakan di depan markas Secata B Rindam I Bukit Barisan itu bisa memberikan suasana baru bagi pencinta masakan cangkuak.

"Pada pelaksanaannya yang direncanakan 26 November 2017 itu, kami akan mendatangkan tim Penilai dari Rekor Muri," sebutnya.

Selain festival memasak cangkuak, pemerintah setempat juga melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka HUT kota yang jatuh pada 1 Desember tahun ini.

Pada 28-30 November 2017 akan diadakan festival puisi sebanyak 227 Puisi sesuai dengan HUT Kota yang ke 227.

"Acara puncaknya akan kami gelar pada 1 - 2 Desember 2017 di Banca Laweh dan ini akan menghadirkan artis Ibu kota yang akan lebih meriah dari festival-festival sebelumnya," terang Busmar. (*)