Agam Asuransikan Seluruh Peserta Lomba Paralayang Internasional

id Paralayang, Agam, Asuransi

Agam Asuransikan Seluruh Peserta Lomba Paralayang Internasional

(ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, bakal mengasuransi seluruh peserta lomba paralayang internasional Trip Of Indonesia (TROI) seri dua yang akan digelar di Danau Maninjau, Sumbar, 5-8 Mei 2017.

"Asuransi ini akan diberikan selama berlangsungnya event tersebut," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Sumbar, Rabu.

Panitia akan mendaftarkan atlet tersebut ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, apabila pihaknya menerima daftar peserta yang telah mendaftar dari panitia pusat.

"Sebelumnya, kita telah melakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Basung," katanya.

Ia mengatakan asuransi tersebut diberikan untuk melindungi keselamatan atlet selama berlaga pada lomba paralayang internasional Trip Of Indonesia (TROI) seri dua.

Hal ini mengingat bahwa olahraga tersebut sangat berbahaya dan berisiko terhadap atlet apabila terjadi kecelakaan nantinya.

"Untuk itu, seluruh mereka kita berikan asuransi kesehatan," katanya.

Selain memberikan asuransi kesehatan, tambahnya, Pemkab Agam juga menyiapkan Puskesmas Matur, Puskesmas Maninjau dan Puskesmas Balai Ahad untuk memberikan pertolongan bagi atlet yang mengalami kecelakaan selama lomba itu.

Lalu, menyiapkan perahu karet beserta Tim SAR untuk memberikan pertolongan kepada atlet yang mendarat ke Danau Maninjau, karena jarak lokasi mendarat dari danau tersebut hanya sekitar 500 meter.

"Kita tidak menginginkan atlet tenggelam nantinya yang berisiko terhadap atlet itu sendiri. Saat ini jumlah atlet yang telah mendaftar ke panitia pusat sekitar 200 orang," katanya.

Lomba ini, tambahnya merupakan kalender nasional pada 2017 dengan jumlah sebanyak lima seri.

Pada seri pertama di Majalengka Provinsi Jawa Barat pada 14-16 April 2017, seri kedua di Maninjau Provinsi Sumbar pada 5-8 Mei 2017, seri ketiga di Tomohon Provinsi Sulawesi Utara pada 7-9 Juli 2017, seri keempat di Kemuning Provinsi Jawa Tengah pada 4-6 Agustus 2017 dan seri kelima di Bondowoso Provinsi Jawa Timur pada 12-15 Oktober 2017.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan objek wisata ke wisatawan nusantara dan mancanegara, sehingga target kunjungan 2 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia akan tercapai nantinya.

"Ini sesuai dari target Presiden Joko Widodo," katanya.

Kaur Mat Dirga Lanud Sutan Syahril Padang, Lettu Lek Harri Hargadi menambahkan, Agam merupakan daerah yang pertama memberikan asuransi kesehatan kepada peserta lomba paralayang ini, karena daerah lain belum pernah memberikan asuransi kesehatan itu.

"Kita memberikan apresiasi kepada Pemkab Agam yang peduli terhadap kesehatan atlet," katanya. (*)