Dinkes: Pemeriksaan IVA Tiga Bulan Terealisasi 90,5 Persen

id Tes Iva

Dinkes: Pemeriksaan IVA Tiga Bulan Terealisasi 90,5 Persen

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, sudah merealisasikan target pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) sebanyak 297 orang atau sekitar 90,5 persen dari yang ditargetkan pemerintah pusat sebanyak 328 orang per tiga bulan.

"Target tersebut tercapai berkat kerja sama semua pihak," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Padang Panjang, Faizah di Padang Panjang, Jumat.

Ia mengatakan untuk Padang Panjang target dari pemerintah pusat selama satu tahun sebanyak 1.311 orang atau 20 persen dari 6.555 orang populasi perempuan usia 30 - 50 tahun.

"Jadi 6.555 orang itu didapat dari 25 persen dari 26.220 dari populasi perempuan usia 30 - 50 tahun, sehingga didapat target pertriwuan 328 orang," ujarnya.

Untuk merealisasikan target tersebut, Dinkes Padang Panjang mengerahkan tenaga kesehatan yang ada di masing-masing Puskesmas dan Puskeskel yang ada di daerah itu.

"Kami memiliki empat Puskesmas dan 16 Puskeskel yang ada di setiap kelurahan," terangnya.

Untuk meningkatkan animo masyarakat melakukan pemeriksaan IVA tersebut, Dinkes jug adibantu oleh para kader kesehatan, PKK dan organisasi perempuan lainnya yang ada di Padang Panjang.

"Berkat dukungan semua pihak, target yang ditetapkan itu bisa tercapai 90,5 persen," katanya.

Untuk kedepannya, Dinkes akan lebih mengintenskan lagi sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pemeriksaan IVA itu sedini mungkin.

Pemeriksaan IVA tersebut dilakukan untuk mengatisipasi dini berjangkitnya penyakit kanker serviks pada seorang perempuan. (*)