Kabupaten Solok wakili Sumbar pada lomba Iva Test tingkat nasional

id PKK Kabupaten Solok,berita solok

Kabupaten Solok wakili Sumbar pada lomba Iva Test tingkat nasional

Para kader PKK Kabupaten Solok mengikuti bimbingan teknis di Arosuka. (Humas)

Solok, (ANTARA) - Nagari Paninjauan, Kabupaten Solok akan mewakili Sumbar pada lomba Iva Test tingkat Nasional pada 2020.

"Alhamdulillah, Kabupaten Solok kembali akan mewakili Provinsi Sumbar dalam lomba IvaTest tingkat Nasional pada 2020 yang akan diwakili oleh Nagari Paninjauan," kata Ketua PKK Kabupaten Solok Desnadevi Gusmalpada Bimbingan Teknis Gerakan PKK setempat di Arosuka, Rabu (9/10).

Desnadevi menyebutkan Kabupaten Solok sudah banyak meraih prestasi sebelumnya seperti juara 2 Lomba Iva test tingkat nasional 2017, juara 2 lomba administrasi tingkat Sumbar yang diwakili Nagari Salimpek, dan juara 3 lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Menurutnya, PKK setempat telah melakukan pembinaan sesuai dengan hasil Rakernas yaitu pembinaan secara berjenjang mulai dari Pembinaan Kabupaten, Kecamatan dan Nagari.

"Kami selalu mengadakan pertemuan satu kali dalam sebulan dengan tim penggerak PKK Kecamatan dan Nagari," ujarnya.

Pihaknya dapat memgadakan rapat atau pertemuan internal untuk membicarakan masalah-masalah dan program-program yang akan dilaksanakan.

Dalam melakukan pembinaan pihaknya juga berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan juga menerima masukan dari niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai dan masyarakat lainnya.

Sementara itu, Bupati Solok diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat Nagari (DPMN) Si Is, mengatakan PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang berperan dalam menunjang keberhasilan program kerja OPD karena program kerja PKK menyentuh sampai ke kelompok yang ada di masyarakat bahkan sampai ke lingkungan keluarga.

Dalam mendorong terwujudnya keluarga yang sejahtera maka kegiatan tim penggerak PKK ke depan harus lebih ditingkatkan dan tentunya seiring dengan peningkatan kemampuan kader.

"Peningkatan kader yang berkualitas salah satunya dalam pelaksanaan Bimtek ini," sebutnya.

Wakil Ketua PKK Provinsi Sumbar, Wartawati Nasrul Abit, juga menyebutkan bimbingan teknis yang setiap tahun sudah menjadi kegiatan rutin kami dari tim PKK provinsi untuk turun ke kabupaten atau kota di Sumatera Barat.

"Saya dari PKK provinsi mengajak tim penggerak PKK daerah untuk selalu menciptakan Inovasi-Inovasi baru yang manfaat dapat dirasakan langsung oleh kader dan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Ia mengingatkan dengan begitu gencarnya pengaruh LGBT di masa sekarang ini peran PKK sangat diperlukan untuk dapat membendungnya dan menjaga generasi terhindar dari penyakit masyarakat tersebut.

Ia juga mengapresiasi tim penggerak PKK Kabupaten Solok yang akan mewakili sumbar pada lomba Iva test, mudah-mudahan dapat memberikan hasil yang terbaik dan mengharumkan daerah dan Sumbar di tingkat Nasional. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar