TP PKK siapkan Padang Panjang wakili Sumbar di lomba tingkat nasional

id TP-PKK padang panjang,tes IVA

TP PKK siapkan Padang Panjang wakili Sumbar di lomba tingkat nasional

TP PKK Padang Panjang memberikan pembinaan penyusunan laporan IVA test tahun 2020 pada Kecamatan Padang Panjang Timur. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat memberikan pembinaan penyusunan laporan IVA test tahun 2020 pada Kecamatan Padang Panjang Timur.

Pembinaan dilakukan untuk mempersiapkan kader di kecamatan tersebut mewakili Sumbar di ajang IVA Test Nasional.

Ketua TP PKK Padang Panjang Dian Puspita dalam sambutannya mengatakan lomba tersebut diikuti bukan untuk mengejar penghargaan namun lebih penting menumbuhkan motivasi bagi masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan bersih.

"Untuk menjadi juara tentu ada kriteria yang perlu dicapai sehingga perlu disiapkan. Namun yang lebih penting dari itu yakni menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya IVA test," ujarnya.

Melalui lomba itu, IVA test sebagai langkah deteksi dini kanker serviks diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh para perempuan.

Selain itu diharapkan pula kesadaran masyarakat terus meningkat terhadap pencegahan dini kanker serviks karena penyakit tersebut tidak menunjukkan gejala pada tahap awal dan termasuk penyakit mematikan.

"Kami berharap para perempuan dapat memahami pentingnya dilakukan deteksi dini sehingga mau secara berkesinambungan memeriksakan diri untuk mencegah kanker serviks," ujarnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pokja 4 TP PKK Sumbar didampingi kepala Dinas Kesehatan, kepala Dinas Sosial, camat dan lurah, ketua Dharmawanita, TP PKK kecamatan, kader, bundo kanduang dan tamu undangan lainnya.