Kodim Pariaman Targetkan TMMD Selesai 32 Hari

id TMMD

Kodim Pariaman Targetkan TMMD Selesai 32 Hari

TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman, Sumatera Barat menargetkan pengerjaan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 2017 di Kabupaten Padangpariaman dapat diselesaikan selama 32 hari.

"Pengerjaan program TMMD mulai dilakukan pada lima April 2017 dan selesai pada empat Mei 2017 di Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman," kata Komandan Distrik Militer 0308 Pariaman, Letkol (Arhanud) Endro Nurbantoro di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan program tersebut merupakan pekerjaan fisik yaitu di antaranya membuka jalan baru sepanjang 2,5 kilometer, renovasi rumah ibadah, serta pembangunan kantor pemuda dan pemberdayaan masyarakat.

"Untuk pengerjaan program tersebut kami akan mengarahkan Satuan Setingkat Kompi (SSK) sebanyak 150 personel," kata dia.

Selain itu pihaknya juga akan bekerja sama dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di daerah itu.

Ia mengatakan ratusan personel yang akan menyelesaikan program tersebut akan menetap di rumah warga setempat selama 32 hari.

"Diharapkan prajurit kita dapat membaur dengan masyarakat setempat," ujarnya.

Ia menjelaskan dengan parajurit membaur dengan masyarakat maka terjalin hubungan emosional sehingga kegiatan tersebut tidak hanya sebatas realisasi program saja, ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi meminta semua OPD terkait mendukung dan menyukseskan program TMMD tersebut.

Selain itu ia juga meminta para OPD yang ditunjuk harus menunjuk Penanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan itu, kata dia.

"Sedangkan Dinas Kesehatan harus menyediakan alternatif penanganan medis apabila terjadi kecelakaan saat pengerjaan," ujarnya. (*)