Legislator: Manfaatkan Ketertarikan Raja Salman pada Mandeh

id Kawasan Mandeh, Wisata Bahari, Raja Salman

Legislator: Manfaatkan Ketertarikan Raja Salman pada Mandeh

Kawasan Mandeh.

Padang, (Antara Sumbar) - DPRD Sumatera Barat mendorong pemerintah provinsi itu memanfaatkan ketertarikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud pada sektor wisata halal di Kawasan Mandeh, Pesisir Selatan untuk berinvestasi.

"Pemerintah provinsi lebih aktif berkomunikasi dengan Kementerian Pariwisata agar hal itu dapat terwujud," kata Ketua Komisi II DPRD Sumatera Barat, Yuliarman di Padang, Jumat.

Menurutnya peluang untuk dapat investasi bidang pengembangan pariwisata itu cukup besar, karena Sumbar memiliki alam yang indah ditambah dengan budaya yang beragam dan unik.

Ia menyebutkan hal tersebut juga didukung prestasi Sumbar mendapat penghargaan kategori destinasi wisata halal terbaik tingkat dunia dan juga memenangkan kategori wisata kuliner terbaik tingkat dunia.

"Kedua prestasi ini jelas makin menguatkan Sumbar sebagai kawasan yang dibanjiri wisatawan, terutama wisatawan dari negara muslim seperti Malaysia, Timur Tengah dan Arab Saudi," katanya.

Kawasan Mandeh, lanjut Yuliarman bisa jadi target kerja sama lintas negara tersebut karena destinasi yang bagus.

Untuk itu, ia mendorong dan pemerintah provinsi aktif melobi Kementerian Pariwisata agar Sumbar bisa mendapatkan investasi itu.

"Kesempatan ini harus diambil dan dimanfaatkan oleh Sumbar," ujarnya.

Selain itu terkait pengembangan pariwisata di kawasan Mandeh, ia juga meminta masyarakat sekitar destinasi disiapkan sebaik mungkin karena kemajuan pariwisata juga bergantung pada keterbukaan masyarakat setempat.

Ia mengatakan masyarakat yang ingin aktif menggiatkan wisata bisa diberi pelatihan, penguasaan bahasa asing, hingga memberikan ilmu mengenai tata cara jadi pendamping turis.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan wacana investasi Raja Arab Saudi, Raja Salman di Kabupaten Pesisir Selatan murni inisiatif pihak swasta, tanpa melibatkan pemerintah provinsi setempat.

"Kami dapat informasi ada beberapa pengusaha Sumbar yang bertemu dengan utusan Raja Salman. Namun kami tidak tahu siapa dan apa yang dibahas karena tidak dilibatkan," katanya.

Kalau nanti arahnya ke Pemprov Sumbar, katanya pihaknya akan menyambut dan mendukung karena muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)