Tujuh Mahasiswa Unand ke Olimpiade Mipa Nasional

id Olimpiade Mipa

Tujuh Mahasiswa Unand ke Olimpiade Mipa Nasional

Ilustrasi - Olimpiade Mipa. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat menyiapkan tujuh mahasiswa guna mengikuti Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) tingkat perguruan tinggi nasional 2017.

"Telah dilakukan proses penyaringan dari 250 orang melalui tes selanjutnya hanya tujuh orang yang ikut dalam lomba," kata Wakil Rektor III Unand Prof Hermansah, dihubungi di Padang, Senin.

Dia mengatakan peserta yang ikut dalam seleksi tersebut berasal dari berbagai program studi dan memiliki minat mengerjakan ujian empat bidang yakni matematika, biologi, fisika dan kimia.

Sistem seleksinya dari 250 orang menjadi 14 orang kemudian diuji lagi dan mendapatkan tujuh orang.

"Mahasiswa yang terpilih secara representasi dapat diandalkan untuk meraih prestasi di tingkat nasional yang dimulai dari tingkat regional Sumatera," ujarnya.

Bagi Unand kata dia, keikutsertaan di kompetisi olimpiade sains dan ilmu pengetahuan ini dapat meningkatkan pamor kampus di Indonesia.

Khusus bagi mahasiswa tentu meningkatkan kepercayaan nasional atas kualitas yang dimiliki.

"Secara keseluruhan bagi kampus menjadi bentuk upaya peningkatan kompetensi," katanya.

Sejauh ini di Olimpiade MIPA dan olimpiade lainnya, mahasiswa Unand rutin memberikan prestasi yang membanggakan.

Dia berharap tahun ini emas dan juara dapat diraih guna menyejajarkan diri dengan mahasiswa unggul dari kampus lainnya semisal ITB, IPB, UI atau UGM.

Sementara itu salah satu alumni mahasiswa Unand yang pernah ikut kejuaraan sains di nasional Rizky mengatakan keikutsertaan dalam lomba dan bersaing dengan mahasiswa dari kampus lain memberikan kebanggaan tersendiri.

Dia mengatakan pada saat itu kepercayaan diri dapat tumbuh karena berjuang membela almamater.

Seharusnya kata dia, semua mahasiswa yang ikut dalam lomba seperti itu bisa memunculkan pemikiran yang sama, bangga pada kampus sendiri. (*)