Unand Kirim 28 Mahasiswa Ikuti Olimpiade MIPA

id Olimpiade MIPA, Unand

Padang, (AntaraSumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang mengirim 28 orang mahasiswa untuk mengikuti lomba Olimpiade Nasional (ON) bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) tingkat Wilayah di Riau, 5 hingga 6 April 2016.

"Dua puluh delapan orang tersebut terbagi atas tujuh orang masing-masing bidang yakni matematika, fisika, biologi, kimia," kata Kepala Humas Unand, Eriyanty di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan ke 28 mahasiswa itu tidak hanya berasal dari fakultas MIPA saja, namun dari berbagai fakultas di Unand. Ke 28 ini disaring melalui seleksi ON MIPA bulan lalu yang diikuti ratusan mahasiswa.

Ke 28 mahasiswa ini akan berjuang meraih tiket untuk ikut dalam ON MIPA tingkat nasional dalam lomba antar wilayah regional di Riau tersebut.

"Ke 28 mahasiswa ini telah dibekali dukungan materi dan non materi oleh pimpinan," ujarnya.

Adapun target yang dibebankan mahasiswa tersebut dapat meraih medali emas di ajang ON MIPA tingkat nasional. Serta membawa nama baik kampus di antara perguruan tinggi lain di Indonesia.

Disamping itu keikutsertaan ini diharapkan menjadi pembuka silaturahmi antara mahasiswa Unand dengan perguruan tinggi lain di Indonesia, tambahnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Zainil menilai lomba ini dapat dijadikan peluang untuk mengintip kekuatan dan sumber daya mahasiswa yang dimiliki universitas lain.

Selain untuk mengukur kemampuan ilmu ajang ini juga sebagai bahan bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif.

Menurutnya dorongan dari persaingan dalam lomba akan memacu kemajuan intuisi mahasiswa tersebut. (*)