Unand Jaring Tujuh Mahasiswa Ikut Lomba ON-MIPA

id Unand

Padang, (Antara) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menjaring tujuh mahasiswa melalui tes tertulis untuk mengikuti lomba Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) tingkat nasional.

"Penjaringan ketujuh mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari 415 orang mahasiswa dari berbagai fakultas di Unand yang digelar pada 5 Maret 2016," kata Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Hermansah, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan lomba ON-MIPA ini merupakan kegiatan rutin dari Fakultas MIPA Unand untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa menguji kemampuannya dalam bidang matematika dan IPA.

Peserta yang diperbolehkan seleksi tidak hanya berasal dari eksakta namun juga dari ilmu sosial.

Hasil dari ujian ini akan diranking dari nomor satu hingga ketujuh yang semuanya akan diikutsertakan dalam ujian tingkat regional dan nasional.

"Diharapkan di tingkat lebih tinggi, para mahasiswa ini dapat berprestasi mengharumkan nama kampus," katanya.

Untuk memperkuat hal tersebut kata dia, pihaknya akan memberikan dukungan moral dan materil bagi mahasiswa yang berprestasi.

Dukungan moral yakni akan menyiapkan dosen dan tenaga handal untuk membina mahasiswa tersebut agar dapat bersaing dengan banyak mahasiswa hebat dari luar Unand.

Sedangkan dukungan materil Unand akan mempersiapkan dana untuk menjamin keberangkatan dan uang saku nantinya bila memungkinkan.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand Siti Khairani berharap agar pimpinan Unand tidak melepas satupun bakat mahasiswa yang ada.

Menurutnya sudah selayaknya pimpinan memberikan apresiasi berupa hadiah dan penghargaan bagi mahasiswa berpretasi mengharukan nama kampus di tingkat yang lebih tinggi. (*)