F-MIPA Unand Gelar PRM Libatkan Elemen Fakultas

id F-MIPA Unand

Padang, (Antara) - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar Pesta Rakyat MIPA (PRM) 2016 dengan melibatkan semua elemen baik dosen, pegawai dan mahasiswa.

"Berbeda dengan fakultas lain yang hanya menyertakan mahasiswa, PRM ini akan melibatkan semua pegawai, dosen dan mahasiswa ikut serta berlomba dalam beberapa kegiatan," kata Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan MIPA Unand, Syamsuardi dihubungi di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan beberapa kegiatan dosen dan pegawai dalam PRM yang akan dihelat hingga 18 April 2016 tersebut yakni Tenis Meja, Parade MIPA, Lomba Dosen dan Sahabat Bumi. Dari kesemua kegiatan tersebut ada yang juga melibatkan peserta mahasiswa dan tidak.

Disamping melibatkan dosen dan pegawai, PRM juga melibatkan masyarakat dan siswa sekolah baik itu SMP dan SMA se-Kota Padang. Beberapa kegiatan tersebut antara lain lomba melukis, kerajinan tangan bahan bekas, essay kompetisi, Debat Bahasa Indonesia, Kaligrafi, Stop motion, dan lomba selfie.

"PRM ini juga bukan hanya milik MIPA namun juga seluruh Unand," ujarnya.

Beberapa kegiatan seperti lomba MTQ, pertandingan Futsal, dan Lomba Orasi juga dibuka peserta dari seluruh fakultas di Unand. Tidak tertutup kemungkinan juga peserta dari universitas lain akan ikut, ujarnya.

Hal ini juga sesuai dengan moto PRM tahun ini dalam bahasa Minang " Mambangkik Batang Tarandam Mambukak Cakrawala Anak Nagari di Alek Gadang MIPA". Artinya kegiatan rakyat MIPA ini untuk ajang silaturahmi antara sesama civitas akademika MIPA khususnya dan Unand umumnya.

Dia berharap dari kegiatan ini baik mahasiswa, pegawai maupun dosen di MIPA bisa kompak. Terutama dalam menyelesaikan persoalan akademik dan lainnya.

Sementara itu salah satu alumni Fakultas MIPA Unand, Arif menyarankan agar kegiatan PRM dibarengi juga dengan kegiatan pengumpulan dana untuk korban bencana.

Menurutnya momen kegiatan ini sangat dekat dengan kejadian bencana seperti banjir dan longsor. Diharapkan dari kegiatan ini akan terkumpul dana untuk membantu korban, tambahnya. (*)