Tiga Mahasiswa Wakili Unand On-Mipa Nasional

id onmipanasional

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak tiga orang mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, akan mewakili kampusnya dalam ajang Olimpiade Nasional (ON) Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 23 hingga 26 Mei 2016, di Jakarta.

"Ketiga mahasiswa tersebut berasal dari jurusan Biologi sebanyak dua orang dan Kimia satu orang," kata Wakil Rektor Unand Bidang Kemahasiswaan, Hermansah di Padang, Minggu.

Dia menyebutkan ketiga mahasiswa tersebut yakni Bayu Afnovandra Perdana, Afdhal Tisyar dari Biologi dan Doni Damara dari Jurusan Kimia.

Keduanya lolos ke putaran final setelah lulus ujian di tingkat wilayah di Pekanbaru bulan lalu.

Di Jakarta keduanya akan mewakili Unand dalam bidang ilmunya masing-masing yang masih dalam kajian MIPA yakni Biologi, Fisika, Matematika dan Kimia.

"Ketiganya telah dilepas kampus dan diberikan bekal baik moral maupun materi," tambah dia.

Dalam hal ini pihak universitas berharap ketiga mahasiswa tersebut tidak hanya dapat mengharumkan nama kampus di nasional, namun juga menjadi salah satu bibit unggul di bidang MIPA.

Selain itu lebih jauh ilmu yang diperjuangkan dan dilombakan mendatang tidak hanya sebatas olimpiade saja, namun juga berimplementasi untuk kehidupan sehari-hari.

"Kami akan terus memperkuat keikutsertaan mahasiswa di berbagai lomba baik lokal, nasional hingga internasional guna mengembangkan kampus lebih baik," sebut dia.

Sementara itu salah satu mahasiswa yang ikut, Doni Damara berharap dirinya mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain dalam lomba.

Meskipun demikian tujuannya mengikuti lomba semata untuk lebih menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan tentang bidangnya kimia agar terimplementasi lebih jauh. *