Bupati Usulkan Rp6 Miliar Bangun Sentral UKM

id UMKM

Bupati Usulkan Rp6 Miliar Bangun Sentral UKM

Usaha kecil menengah (UKM) kerajinan rotan (ilustrasi). ( )

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Hendrajoni mengusulkan Rp6 miliar untuk menuntaskan pembangunan pasar semi modern sebagai sentral usaha kecil menengah (UKM) di Nagari (Desa Adat) Carocok Anau Ampang Pulai, Koto XI Tarusan.

Ia di Painan, Sabtu, mengatakan usulan itu ditujukan ke Kementerian Perdagangan, awalnya pembangunan pasar tersebut telah menelan Rp7 miliar namun belum juga rampung.

Setelah rampung pasar tersebut akan menjadi sentral UKM terutama bagi masyarakat yang menetap pada kecamatan setempat.

"Ini akan menjadi program Kementerian Perdagangan pertama di Sumbar dan Insya Allah akan didirikan 40 kios UKM," katanya.

Ia menyebutkan anggaran Rp6 miliar yang diusulkan selain untuk memperkokoh struktur bangunan juga diperuntukkan sebagai ganti rugi pelebaran jalan.

"Tentu butuh akses jalan yang lebar sehingga pengunjung tidak berdesak-desakan sehingga tercipta kenyamanan di pasar ini nantinya," kata Hendrajoni.

Agar pembangunan tersebut sesuai dengan rencana ia meminta peran aktif masyarakat memberikan dukungan terutama menyangkut pembebasan lahan.

"Kalau bukan masyarakat siapa lagi yang akan menyokong pembangunan ini dan jika pasar ini ramai tentu masyarakat juga yang diuntungkan," katanya.

Ia menyebutkan Kementerian Perdagangan cukup merespon positif usulan tersebut dan dalam waktu dekat tim dari kementerian akan turun meninjau lokasi. (*)