Pasaman Barat Tanam Pohon Dan Aksi Bersih Pantai Sasak

id Syahiran

Pasaman Barat Tanam Pohon Dan Aksi Bersih Pantai Sasak

Bupati Pasbar,Syahiran didampingi Ketua TP PKK, Yun Syahiran saat melakukan tanam pohon dan aksi bersih Pantai Sasak, Minggu (5/2). (Altas Maulana/Antara Sumbar)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) melaksanakan aksi tanam pohon dan bersih pantai dikawasan wisata Karambia Ampek pantai Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Minggu (5/2).

Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai Sasak sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

"Kalau daerah wisata kita sudah ramai harga kuliner jangan naik pula, termasuk juga harga parkir. Jangan pula jadikan lokasi ini tempat yang kurang baik (maksiat). Makanya mari kita jaga dan pelihara lokasi pantai ini secara bersama- bersama untuk berwisata keluarga," katanya.

Ia mengatakan tempat wisata akan ramai kalau semua masyarakat menjaga lokasi wisata agar bersih dan kesadaran masyarakat tentang wisata meningkat.

Ia menekankan Dinas Pariwisata dan Badan Lingkungan Hidup Pasaman Barat aktif ikut menjaga tempat wisata, sehingga akan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan penghijauan di tepi pantai.

Tidak saja di Pantai Sasak tetapi juga pada kecamatan lainnya yang ada pantai di Pasaman Barat, karena luas pantai Pasaman Barat mencapai 154 km.

"Dengan penghijauan di kawasan pesisir ini juga akan menjaga pantai agar asri dan bebas dari abrasi. Alam adalah milik kita dan tanggungjawab semuanya untuk memeliharanya," ujarnya.

Ia mengharapkan aksi bersih- bersih ini dilaksanakan tiap bulan di lokasi wisata dengan mengerahkan semua anggota Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), anggota pramuka serta sekolah.

Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pasaman Barat, Edi Busti mengatakan bahwa program penanaman pohon Pinus itu dalam jangka membangun kawasan pantai berwawasan lingkungan.

Sehingga selain sebagai pelindung dari pemanasan global, juga akan berfungsi untuk mencegah abrasi pantai sekaligus sebagai lokasi wisata.

Penanaman pinus itu mencapai 500 batang, ditambah dengan bibit pohon bakau, bibit mangga madu dan pohon lainnya.

"Semoga kegiataan penghijauan ini akan memberi manfaat kepada masyarakat sekitar, dan agar dilanjutkan oleh masyatakat sekitarnya," kata dia.

Ia menyampaikan terima kasih kepada perusahaan Wilmar dan sejumlah perusahaan yang telah membantu bibit penghijaun dan pohon.

"Melalui gerakan penanaman pohon kita wajudkan pembangunan berwawasan lingkungan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan semua SOPD yang telah bersinerji menyukseskan penghijauan dikawasan pantai Sasak karena akan menunjang kemajuan pariwisata Pasaman Barat secara umum.

Pihaknya juga telah membentuk masyarakat sadar wisata di daerah wisata seperti di lokasi Air Terjun Siburai- Burai Kajai Kecamatan Talamau, Pantai Sasak dan Pulau Panjang Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas sebagai ikon wisata Pasaman Barat.

Saat penanaman pohon juga dihadiri Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto, Ketua TP PKK, Yun Syahiran, Ketua GOW, Sifrowati Yulianto, Ketua Dharma Wanita, Harlina Manus, Forkominda, SOPD, anggota pramuka dan masyarakat. (*)