Selasa, 27 Juni 2017 - 3 Syawwal 1438 H

Baznas Pasaman Bantu 2.481 Pelajar Kurang Mampu

Lubuk Sikaping, (Antara) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, memberi bantuan kepada 2.481 pelajar kurang mampu mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTA), untuk membantu kegiatan belajar mengajar mereka.

Kepala Baznas Kabupaten Pasaman, Hermanto di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan bantuan tersebut diberikan dalam upaya mendukung program pendidikan gratis 12 tahun di daerah ini, yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir.

"Bantuan yang diberikan kepada ribuan siswa kurang mampu itu tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman, dimana bentuk bantuannya ada yang berupa paket perlengkapan sekolah, dan juga uang tunai," katanya.

Ia menambahkan untuk siswa SD, Baznas memberikan bantuan berupa paket yang terdiri dari baju seragam, tas, dan buku tulis, sedangkan untuk tingkat SLTP dan SLTA dibantu uang tunai.

Hermanto menambahkan bantuan tersebut telah berikan kepada siswa melalui kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan yang tersebar di 12 Kecamatan di Pasaman.

Bantuan tersebut, terbagi untuk tingkat SD sebanyak 1.163 pelajar, sedangkan untuk tingkat SLTP sebanyak 813 siswa dan SLTA sebanyak 505 siswa.

Bagi siswa SLTP, setiap pelajar yang mendapat bantuan diberi uang tunai sebesar Rp300 ribu, sementara untuk siswa SLTA bantuan yang diberikan sebesar Rp400 ribu.

"Kami berharap kepada orang tua siswa khususnya tingkat SLTP dan SLTA yang mendapatkan bantuan uang tunai agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya, dan betul-betul dipergunakan untuk kepentingan sekolah anak didik," jelasnya.

Hermanto menambahkan, jangan dilihat dari seberapa besar bantuan tersebut diberikan, yang terpenting mampu memanfaatkan dana tersebut untuk keperluan sekolah, dan kita berharap bantuan ini benar-benar bermanfaat bagi siswa itu sendiri yang menerima, untuk proses belajar mengajar saat memasuki tahun ajaran baru nanti. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
          Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy baru saja menetapkan sistem pendidikan baru ...
Baca Juga