OPD Pemkot Padang tanda tangani komitmen terkait tertib arsip

id Arsip, Padang, Andree Algamar

OPD Pemkot Padang tanda tangani komitmen terkait tertib arsip

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar menilai arsip dokumen negara mempunyai peran yang sangat strategis dalam menyukseskan penyelenggaraan negara. ANTARA/HO-Pemkot Padang

Padang (ANTARA) - Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menandatangani komitmen bersama tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

"Ini menjadi bentuk dukungan Pemkot Padang terhadap nawacita Presiden Joko Widodo di bidang kearsipan," kata Pj Wali Kota Padang Andree Algamar di Padang, Rabu.

Ia mengatakan arsip atau dokumen negara mempunyai peran yang sangat strategis dalam menyukseskan penyelenggaraan negara.

Hal itu mengingat arsip merupakan identitas dan jati diri bangsa, sekaligus sebagai memori kolektif dan bahan pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Saya sangat mengapresiasi penandatanganan komitmen bersama GNSTA ini sebagai bentuk keseriusan dan kesepakatan seluruh OPD dalam melakukan penanganan, penataan serta pemeliharaan dan penyusutan arsip sebagai bagian dari daur hidup arsip," ujarnya.

Menurut Andree, penandatanganan komitmen bersama GNSTA ini merupakan momentum bagi Pemkot Padang dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang handal, terjaminnya keselamatan dan keamanan arsip hingga keselamatan aset daerah.

"Semoga dengan itu bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kesadaran semua elemen birokrasi pemerintah. Saya mengapresiasi lima OPD yang telah melakukan penyerahan arsip dan sembilan OPD yang melakukan pemusnahan arsip di kesempatan ini. Bagi OPD yang belum agar segera melakukannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Feri Mulyani menyebut, penandatanganan komitmen bersama GNSTA disertai penyerahan arsip usul serah/permanen dan pemusnahan arsip di lingkungan Pemkot Padang kali ini sangat penting dilakukan.

"Tujuannya adalah mewujudkan komitmen organisasi untuk sadar dan tertib arsip. Begitu pula mendukung pemenuhan dalam pengawasan internal kearsipan pada setiap OPD di lingkup Pemkot Padang," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Lembaga Arsip Nasional (LAN) RI karena berdasarkan hasil audit pengawasan kearsipan di tahun 2023 memberikan penghargaan kepada Pemkot Padang dengan kategori memuaskan atau nilai A.

"Semoga di tahun 2024 ini kita bisa naik meraih predikat AA," katanya.