Pemilih pemula di Sawahlunto diingatkan jangan tergoda money politic

id Pemilih Pemula di Sawahlunto,berita sawahlunto,Pilkada serentak Tahun 2024 sawahlunot

Pemilih pemula di Sawahlunto diingatkan jangan tergoda money politic

Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan arahan kepada pemilih pemula untuk Pilkada Sawahlunto 2024, Rabu. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Fauzan Hasan mengajak pemilih pemula di kota itu untuk cerdas menghadapi adanya kerawanan politik transaksional pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Generasi muda yang tahun ini mulai menjadi pemilih pemula harus kita sosialisasikan dan dampingi agar mereka tidak terpengaruh politik transaksional (money politic). Peningkatan kualitas berpolitik masyarakat di masa depan itu harus kita siapkan sejak dini, salah satunya dengan menyiapkan pemilih pemula di Pilkada serentak Tahun 2024 ini," kata Pj Wali Kota Fauzan Hasan, saat membuka Sosialiasi Pilkada Serentak Kepada Pemilih Pemula, di Sawahlunto, Rabu.

Ia mengajak jajaran perangkat daerah terkait dan lembaga penyelenggara serta pengawasan Pemilu untuk bersama-sama memberi perhatian, dukungan dan fasilitasi terhadap kesadaran dan kecerdasan berpolitik generasi muda.

"Hari ini ada kegiatan sosialisasi terhadap pemilih pemula. Kita mengajak agar pada momen sosialisasi ini bisa mengajak pemilih pemula khususnya pelajar untuk bisa mempelajari dulu riwayat dan kapasitas Calon Kepala Daerah (Cakada) yang akan mereka pilih," kata dia.

Kemudian dia menyebut generasi muda mempunyai potensi yang besar untuk lebih banyak dan lebih dalam mempelajari calon pimpinan daerah, maka jangan sampai potensi itu sia-sia karena terkontaminasi politik transaksional atau money politic.

"Ketika kesadaran untuk menolak money politic itu sudah muncul dari masyarakat selaku pemilih atau pemilik hak suara, maka akan berdampak pada meningkatnya kualitas demokrasi. Sebab artinya nanti pemimpin yang dipilih memang benar-benar karena kepercayaan masyarakat kepada kapasitas dan integritasnya, bukan karena faktor money politic-nya," kata dia.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Sawahlunto Yulianti mengatakan Sosialisasi Pilkada Serentak Terhadap Pemilih Pemula tersebut diikuti oleh peserta hampir sebanyak 100 orang yaitu perwakilan SMA/SMK/MA se-Kota Sawahlunto.

"Sosialisasi ini salah satu rangkaian kegiatan Pemkot dalam mendukung partisipasi politik masyarakat pada Pemilu dan Pilkada. Untuk pemilih pemula ini, narasumber kita hadirkan yaitu dari Pj Wali Kota, KPU dan Bawaslu," katanya.