Dubes: Kerja sama Indonesia-Jepang harus makin baik di bawah presiden baru

id Masaki Yasushi

Dubes: Kerja sama Indonesia-Jepang harus makin baik di bawah presiden baru

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi dalam perayaan Hari Nasional Jepang di Jakarta, Rabu (21/2/2024) malam. ANTARA/Nabil Ihsan.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi mengatakan bahwa kerja sama antara Jepang dan Indonesia mesti terus dikembangkan untuk semakin baik di bawah pemimpin baru Indonesia yang terpilih dalam Pemilu 2024.

“Siapapun presiden selanjutnya, saya percaya hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang harus semakin berkembang. Apalagi, hubungan kita sudah sangat baik saat ini,” ucap Masaki, Selasa (19/3) malam.

Masaki menyampaikan pernyataan itu selama acara berbuka puasa bersama tokoh-tokoh Islam Indonesia di kediamannya di Jakarta.

Dubes menyebut telah menemui Prabowo Subianto pekan lalu, dalam kapasitas Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

Pertemuan itu, ujarnya, dimaksudkan untuk membahas kerja sama bilateral di bidang pertahanan.

Ia juga mengaku tetap menunggu hasil resmi Pemilu 2024 yang akan segera diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Indonesia dan Jepang patut memperluas kerja sama di semakin banyak bidang, seperti lingkungan, perubahan iklim, infrastruktur, dan bisnis, serta pemberdayaan wanita dan keamanan, tutur Masaki.

Terlebih, katanya, kerja sama antara Indonesia dan Jepang saat ini sudah mencapai taraf kemitraan strategis yang menyeluruh.

Ia juga menyoroti Menteri Luar Negeri Jepang Kamikawa Yoko yang saat ini secara intensif bekerja sama dengan Menlu Retno Marsudi untuk mengembangkan pemberdayaan wanita di kedua negara.

Selain itu, Masaki mengaku senang melihat semakin banyak warga Indonesia datang di Jepang untuk berwisata, belajar, maupun bekerja.

Kehadiran mereka, ujarnya, akan membuka semakin banyak ruang interaksi bagi masyarakat Indonesia dan Jepang untuk saling belajar budaya.

Apalagi, ucap Masaki, budaya Indonesia yang kaya dan beragam memberi banyak hal yang dapat dipelajari masyarakat Jepang hingga dapat meningkatkan pemahaman terhadap satu sama lain.

“Saya pikir saling pemahaman ini amat penting bagi perdamaian. Indonesia dan Jepang tentu berharap hal ini tidak hanya akan bermanfaat bagi kedua negara, tapi juga bagi dunia,” kata Dubes.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dubes: Kerja sama RI-Jepang harus semakin baik di bawah presiden baru