Jasa Raharja survei jalur mudik angkutan Lebaran

id arus mudik,survei jalur mudik,jalur mudik,lebaran 1445 hijriah

Jasa Raharja survei jalur mudik angkutan Lebaran

Jasa Raharja Cabang Sumbar bersama instansi terkait survei jalur mudik angkutan Lebaran 2024 di Malalak, Kabupaten Agam, Selasa (19/3/2024). ANTARA/HO-Humas Jasa Raharja Sumbar.

Padang (ANTARA) - Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat bersama instansi yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Provinsi Sumbar melakukan survei jalur mudik angkutan Lebaran 2024.

"Dengan diadakan survei ini kita dapat mengetahui titik-titik rawan kecelakaan serta kondisi jalan di sepanjang jalur yang dilewati angkutan mudik," kata Kepala Jasa Raharja Cabang Sumbar Raihan Farani di Padang, Selasa.

Survei jalur mudik lalu lintas tersebut sekaligus dalam rangka uji coba jalan satu arah selama arus mudik dan milir Lebaran 2024 di Provinsi Sumbar.

Survei tersebut dilakukan pada jalur Sicincin (Kabupaten Padang Pariaman)-Malalak (Kabupaten Agam), Padang Lua–Koto Baru, dan Kota Padang Panjang-Sicincin.

Raihan mengatakan dengan melakukan survei dan uji coba jalan satu arah maka pemangku kepentingan terkait dapat melakukan perbaikan sebelum masuk masa arus mudik Lebaran 2024.

"Jadi ini langkah meminimalisir risiko kecelakaan saat arus mudik maupun arus balik lebaran," ujarnya.

Dengan adanya skema jalan satu arah selama arus mudik dan milir, diharapkan tidak ada kemacetan yang signifikan, terutama di sejumlah tempat yang selama ini menjadi kendala pengguna jalan raya.

"Kita berharap selama arus mudik dan arus balik (milir) lancar tanpa adanya kemacetan panjang atau kendala lainnya, termasuk risiko kecelakaan lalu lintas yang dapat diminimalisir," kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar Dedy Diantolani mengatakan survei jalur mudik dan uji coba satu arah merupakan tindak lanjut rapat koordinasi yang dilaksanakan sebelumnya.

Ia menegaskan kegiatan tersebut untuk menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas, serta mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas selama arus mudik maupun milir Lebaran 2024.

"Pada jalur ini nantinya dilakukan rekayasa lalu lintas yaitu one way (satu arah) untuk mengurai kemacetan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik di sepanjang jalur Padang-Bukittinggi," kata Dedi.