Pemprov Sumbar bantu pembangunan rumah warga tidak mampu di Solok

id bantuan rumah,pemprov sumbar,mahyeldi

Pemprov Sumbar bantu pembangunan rumah warga tidak mampu di Solok

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan bantuan bagi keluarga tidak mampu di Kabupaten Solok. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi bersama Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Barat memberikan bantuan sebesar Rp32,5 juta untuk pembangunan rumah bagi keluarga tidak mampu di Kabupaten Solok.

"Bantuan ini dari Baznas sebesar Rp25 juta, dukungan dari Bank Nagari senilai Rp2,5 juta dan dari Bapenda Sumbar senilai Rp5 juta sehingga total Rp32,5 juta," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Arosuka, Senin.

Bantuan itu diberikan dalam rangkaian agenda Safari Ramadhan Tim Gubernur Sumbar di Kabupaten Solok.

Mahyeldi menyebutkan dana bantuan itu awalnya ditujukan untuk bedah rumah keluarga kurang mampu. Namun warga yang menerima bantuan Hatta Yandri (57) dan Mainov Riza (40) di Nagari Jawi-Jawi, Kabupaten Solok meminta izin menggunakan dana itu untuk membangun rumah di tanah sendiri.

"Keluarga ini ternyata tinggal menumpang di rumah saudaranya. Karena mereka memiliki sedikit tanah, mereka minta izin menggunakan dana itu untuk membangun rumah sederhana di atas tanah sendiri," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Mahyeldi menyatakan turut prihatin atas kondisi keluarga kurang mampu tersebut. Hatta Yandri sebagai kepala keluarga sudah tujuh tahun mengidap penyakit stroke, jantung, dan gula, yang membuatnya hanya bisa beraktivitas di rumah.

Hatta Yandri mengucapkan terima kasih atas kunjungan Gubernur beserta rombongan TSR Pemprov Sumbar, serta bantuan pembangunan rumah yang diberikan oleh pemerintah. Ia mengaku saat ini memang tidak bisa bekerja karena tengah didera penyakit stroke, jantung, dan gula.

"Saat ini yang bekerja istri saya, sebagai tukang masak dengan gaji Rp40 ribu sehari. Terima kasih atas bantuan yang diberikan ini sehingga kami juga bisa memiliki rumah sendiri," katanya.*