DPKUKM kerja sama dengan Gober Jek tingkatkan jasa pengiriman UMKM

id DPKUKM, kerja sama, dengan Gober Jek, tingkatkan jasa, pengiriman UMKM

DPKUKM kerja sama dengan Gober Jek tingkatkan jasa pengiriman UMKM

DPKUKM Kota Solok, Sumbar saat penandatanganan surat perjanjian kerja sama dengan Gober Jek dalam meningkatkan jasa pengiriman UMKM. ANTARA/HO-Diskominfo

Solok (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar) menjalin kerja sama dengan Gober Jek Solok untuk meningkatkan jasa pengiriman produk UMKM Manjua.

Kepala DPKUKM Kota Solok Zulferi, di Solok, Selasa, mengatakan UMKM Manjua merupakan aplikasi berbasis android yang dikembangkan oleh DPKUKM Kota Solok.

"UMKM Manjua ini sebagai wadah bagi para pelaku UMKM Kota Solok untuk memasarkan dan mengenalkan produk-produk mereka ke masyarakat," ujar dia.

Selain itu, lewat aplikasi tersebut tentu adanya jasa pengiriman barang dari penjual ke pembeli, melihat hal tersebut DPKUKM Kota Solok melakukan kerja sama dengan Gober Jek Solok sebagai jasa pengiriman barang untuk skala lokal yang telah tersedia di aplikasi UMKM Manjua.

Penandatanganan kerja sama tersebut telah dilakukan oleh Kepala Dinas DPKUKM Zulferi yang didampingi Kepala Bidang Perdagangan Hasrul Hendri dan Pimpinan Gober Jek Solok Febby Noris, di ruangan Kepala Dinas.

Lebih lanjut, menurut Zulferi, hal itu sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah setempat terhadap perkembangan para pelaku UMKM Kota Solok secara daring dan menggunakan jasa pengiriman.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan teknologi meningkat pesat terutama media daring, dulu orang ingin membeli sesuatu maka harus bertemu langsung dengan penjual, sekarang cukup di rumah sambil berbaring kita bisa membeli apa yang kita inginkan," kata dia lagi.

Dia juga berharap semoga dengan adanya kerja sama tersebut UMKM Kota Solok bisa berkembang dan tidak perlu lagi memikirkan siapa yang akan mengantarkan barang pesanan ke pembeli.

Selain itu, ia mengatakan bahwa perjanjian itu dilaksanakan selama dua tahun. Nantinya akan dilihat prospeknya ke depan sembari melakukan penyempurnaan apabila adanya kekurangan terhadap aplikasi UMKM Manjua maupun layanan dari Gober Jek.

Sementara itu, Pimpinan Gober Jek Solok Febby Norris mengatakan bahwa Pemkot Solok sangat antusias dan bersemangat dalam pengembangan produk yang dihasilkan oleh UMKM.

"Sehingga kami dari Gober Jek ikut termotivasi dan akan membantu dalam perkembangan tersebut, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pemda sebagai jasa pengiriman barang berskala lokal di aplikasi UMKM Manjua. Mudah-mudahan kerja sama ini berlanjut dan kami akan memberikan pelayanan terbaik," ujar dia pula.