Bupati Solok Selatan berharap rekapitulasi Pemilu menggunakan azas kekeluargaan

id Bupati Solok Selatan,berita solsel,berita sumbar

Bupati Solok Selatan berharap rekapitulasi Pemilu menggunakan azas kekeluargaan

Staf ahli Bupati Solok Selatan Novirman saat membacakan pidato Bupati pada Rekapitulasi hasil Pemilihan Umum 2024 tingkat Kabupaten, di Aula Sarantau Sasurambi Setdakab setempat, di Padang Aro, Kamis. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Solok Selatan Khairunas berharap proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ditingkat Kabupaten mengutamakan asas kekeluargaan, musyawarah dan mufakat untuk.

"Dengan menggunakan azas kekeluargaan maka akan menghasilkan hasil rekapitulasi sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya melalui Staf Ahli Novirman, di Padang Aro, Kamis.

Dia mengajak semua pihak untuk mengawal ini, agar proses rekapitulasi yang kita laksanakan hari ini berjalan lancar.

Dia mengatakan Pemilu 2024 terdiri atas Pilpres dan Pileg pertama dalam sejarah RI dan menyedot anggaran hingga Rp76 triliun.

"Alhamdulillah, penyelenggaraan Pemilu Serentak di Solok Selatan berlangsung sukses, aman, dan damai," ujarnya.

Jika pada Pemilu 2019 KPU kabupaten Solok Selatan mendapatkan penghargaan untuk kategori partisipasi pemilih tertinggi di Provinsi Sumatera Barat, katanya maka tahun ini kita juga berharap penghargaan yang sama akan diraih kembali.

Partisipasi pemilih di Solok Selatan katanya, sekitar 81,6 persen tahun 2019 dan sekitar 79, 8 persen tahun ini.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah bersinergi dan berkolaborasi menyukseskan perhelatan akbar pemilu serentak 2024, sehingga berjalan dengan lancar," ujarnya.