Nawakara siap jadi mitra strategis Polri jaga kamtibmas dan netralitas Pemilu

id Satuan Pengamanan Nawakara,Pemilu 2024

Nawakara siap jadi mitra strategis Polri jaga kamtibmas dan netralitas Pemilu

Satuan Pengamanan Nawakara (ANTARA/HO-Dok Pribadi)

Padang (ANTARA) - Satuan Pengamanan Nawakara menyatakan kesiapannya menjadi mitra strategis Polri dalam menjaga kamtibmas dan netralisasi dalam Pemilu 2024.

"Satuanpengaman sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian merupakan mitra strategis Polri dalam mewujudkan terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Kemitraan ini menjadi sangat penting dalam tahun politik 2024 ini," kata President Direktur & CEO Nawakara Dino Hindarto dalam keterangan tertulis di Padang,Rabu.

Ia mengatakan hakekat tantangan ancaman dan gangguan diprediksi akan meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu,lanjutnya sinergi dan kolaborasi perlu dikedepankan dalam perencanaan pengamanan dan mitigasi resiko dari potensi situasi keamanan yang akan timbul.

Ia menegaskan Nawakara sebagai Badan Usaha Jasa Pengaman (BUJP) berkomitmen untuk berpartisipasi dalam kemitraan dengan Polri dalam menjaga kamtibmas dan netralitas selama tahun politik 2024 dengan penuh tanggung jawab.

"Demi menjaga netralitas, Nawakara memastikan seluruh petugas keamanan telah mendapatkan arahan yang sesuai untuk menjalankan tugasnya selama berjalannya proses Pemilihan Umum 2024," kata dia.

Ia mengatakan petugas Komisi Pemilihan Umum (KPPS) dapat bekerja sama dengan Petugas Kepolisian dan Satpam di lokasi-lokasi TPS untuk memastikan proses pemungutan suara berjalan dengan aman dan lancar.

Menurut dia Satpam memiliki peran krusial dalam dunia pengamanan, seluruh anggota satpam di Nawakara telah bersertifikasi Gada Pratama.

Beberapa kompetensi utama yang bisa menjadi bekal para satpam di Nawakara antara lain melaksanakan persiapan pelaksanaan tugas, serta beberapa hal lain seperti pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pengamanan di tempat kejadian perkara, hingga menangani barang berbahaya dan kejadian perkara.

"Kami berupaya menjaga keamanan masyarakat di tahun politik semakin terwujud," kata dia.

Sebelumnya Kabaharkam Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil saat Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-43 menekankan urgensi keamanan dan kelancaran dalam proses Pemilu 2024. Karena itu, sinergi kuat antara satpam dan kepolisian menjadi penting dalam memperkuat keamanan nasional, sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Selain itu, Satpam yang juga berperan dalam melindungi aset perusahaan diharapkan mampu memiliki langkah preventif dan penanganan guna menghindari potensi gangguan keamanan menjelang pesta demokrasi di tahun 2024 ini.