Cegah stunting, Pemkot Padang Panjang bentuk Pokjanal Posyandu Kota

id Pokjanal Posyandu Padang Panjang,Berita padang panjang,Berita sumbar,stunting Pemkot Padang Panjang

Cegah stunting, Pemkot Padang Panjang bentuk Pokjanal Posyandu Kota

Pj. Sekda Dr. Winarno, M.E terpilih sebagai ketua Pokjanal Posyandu Padang Panjang.

Padang Panjang (ANTARA) - Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) tingkat kota memiliki peran penting untuk menjaga tumbuh kembang anak sehingga terhindar dari gizi buruk. Hal itu dikatakan Ketua Pokjanal Posyandu Padang Panjang, Dr. Winarno, M.E pada rapat pembentukan Pokjanal tingkat kota di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Rabu (24/1).

Menurut Winarno, Pokjanal Posyandu juga memiliki peran percepatan penurunan angka stunting di Padang Panjang, untuk diminta keseriusan semua pihak dalam menjalankan berbagai program dalam pokjanal ini.

"Pokjanal Posyandu harus mengkoordinasikan berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja posyandu sehingga dapat menyejahterakan masyarakat, dengan meningkatkan komitmen untuk menjadikan posyandu sebagai lembaga yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terhadap permasalahan kesehatan yang terjadi," kata Pj Sekretaris Daerah tersebut.

Winarno, berharap, melalui kegiatan ini dapat menyatukan persepsi dalam mekanisme kerja sehingga bisa aktif dalam peningkatan fungsi dan kinerja posyandu yang tepat sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi.

“Semoga nantinya dengan berbagai langkah dan upaya penurunan stunting ini, anak-anak Padang Panjang dapat menjadi generasi emas yang maju dan hebat sebagai generasi penerus bangsa. Semoga tidak ada lagi anak stunting di Padang Panjang,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) Osman Bin Nur, M.Si mengatakan, rapat pembentukan Pokjanal tingkat kota juga bertujuan memberikan informasi pentingnya peran dan fungsi seluruh pihak terkait dalam Pokjanal Posyandu. Karena ini juga merupakan salah satu dari fokus utama Pemerintah Pusat dalam penurunan angka prevalensi stunting.

"Rapat ini juga membahas tentang SK Pokjanal Posyandu tingkat Kota serta mempersiapkan program kerja 2024 ini. Sehingga target angka penurunan prevalensi stunting di Padang Panjang dapat tercapai," kata dia.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pj Ketua PKK Kota, Sri Hidayani Sonny, S.E, A.k, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra, Syahdanur, S.H, M.M, kepala OPD dan pihak terkait lainnya.