Ganjar tekankan pentingnya reformasi kepolisian atasi masalah keamanan

id Debat Ketiga Pilpres,Debat Capres 2024,Debat Capres Kedua,Pemilu 2024,Pilpres 2024,Capres Ganjar Pranowo,Reformasi Kepol

Ganjar tekankan pentingnya reformasi kepolisian atasi masalah keamanan

Tangkapan layar calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, sebagaimana dipantau dari kanal YouTube KPU RI di Jakarta, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Tri M Ameliya

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya pelaksanaan reformasi kepolisian di Tanah Air untuk menuntaskan berbagai persoalan keamanan, terorisme, penyalahgunaan narkoba, pinjaman dan judi online, kekerasan seksual, bahkan kejahatan pencucian uang.

"Reformasi kepolisian betul-betul harus (mampu) mengantisipasi ini (berbagai persoalan keamanan)," kata Ganjar saat memaparkan visi dan misi serta program kerja dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Ia yakin reformasi kepolisian bisa dilakukan di antaranya melalui penguatan sistem siber dan sumber daya manusia siber yang kuat.

Selain mampu mengatasi persoalan keamanan dan kejahatan, Ganjar menilai reformasi kepolisian itu akan mampu pula menghadirkan polisi yang betul-betul bisa mengayomi masyarakat.

Meskipun bukan hal yang mudah, menurut Ganjar, dia bersama calon wakil presiden Mahfud Md akan mampu mewujudkan reformasi kepolisian. "Sebagai anak polisi, saya paham betul ini sesuatu yang sangat sulit dan pasti akan bisa kita lakukan," ujar dia.

Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar tekankan pentingnya reformasi kepolisian atasi masalah keamanan