Harga bahan kebutuhan pokok turun di Agam awal tahun

id Harga bahan kebutuhan pokok turun di Agam ,Berita agam,Berita sumbar

Harga bahan kebutuhan pokok turun di Agam awal tahun

Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan Agam, Aguska Dwi Fajra. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan sejumlah harga bahan kebutuhan pokok turun di daerah itu pada awal 2024, dampak pasokan cukup banyak.

"Harga kebutuhan pokok itu turun dari Rp1.000 sampai Rp10 ribu per kilogram. Ini berdasarkan pantauan harga yang kami lakukan di pasar tradisional," kata Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan Agam, Aguska Dwi Fajra di Lubuk Basung, Rabu.

Ia mengatakan, harga bahan kebutuhan pokok yang turun itu yakni, cabai merah dari Rp50 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, daging sapi dari Rp142 ribu menjadi Rp140 ribu per kilogram, kentang dari Rp13 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram.

Sedangkan harga buncis dari Rp15 ribu menjadi Rp10 ribu per kilogram, ikan sarden dari Rp34 ribu menjadi Rp33 ribu per kilogram, ikan kembung dari Rp41 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram dan ikan tuna dari Rp44 ribu menjadi Rp43 ribu per kilogram.

"Harga kebutuhan pokok itu turun akibat persediaan cukup banyak di Agam dan khusus cabai merah ada masuk dari Aceh," katanya.

Ia menambahkan, untuk harga yang naik berupa bawang merah dari Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram, bawang putih dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram

Lalu bawang prey dari Rp20 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram, tomat dari Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram, cool dari Rp7 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram dan wartel dari Rp15 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram.

Sedangkan harga normal berupa beras benang pulau Rp15 ribu per kilogram, beras sokan Rp5 ribu per kilogram, Ir 42 Rp15 ribu per kilogram, benang paluang Rp15 ribu per kilogram, beras kuruik kusuik Rp17 ribu per kilogram.

Harga gula pasir Rp17,5 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp18 ribu per liter, minyak goreng curah Rp15 ribu per liter, daging ayam broiler Rp65 ribu per ekor, daging ayam kampung Rp63 ribu per kilogram.

Selain itu, telur ayam ras Rp2 ribu per butir, telur ayam kampung Rp2.500 per butir, telur bebek Rp2,5 per butir, cabai rawit Rp18 ribu per kilogram, ikan asin teri Rp69 ribu per kilogram dan ikan nila Rp25 ribu per kilogram.