Kapolda Sumbar minta polisi baru jaga integritas saat bertugas

id Polri,Polisi,Padang,Sumbar

Kapolda Sumbar minta polisi baru jaga integritas saat bertugas

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyoni foto bersama usai memberikan pembekalan kepada 310 siswa Diktukba di SPN Polda Sumbar di Padang, Kamis (14/12). ANTARA/HO-PoldaSumbar

Padang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono meminta para polisi baru yang kini masih berstatus siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang II tahun 2023 agar menjaga integritas dalam menjalankan profesi.

Hal itu disampaikan oleh Suharyono saat memberikan pembekalan kepada 310 siswa Diktukba di SPN Polda Sumbar di Padang, Kamis (14/12).

"Anggota Polri harus mampu menjaga integritas diri saat menjalankan tugas, jaga nama pribadi dan jaga nama instansi," katanya.

Ia mengatakan anggota Polri pada zaman ini berfokus untuk menjalankan tugas secara profesional dan menghadirkan pelayanan berkualitas kepada masyarakat, sehingga tidak boleh dicoreng oleh tindakan-tindakan yang tidak terpuji.

Ia mengajak kepada para polisi muda agar senantiasa bersyukur atas apa yang telah diraih dan dicita-citakan saat ini.

"Setelah dilantik menjadi anggota (Bintara) Polri harus bisa bersyukur, wujudkan rasa syukur itu dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," katanya.

Jenderal bintang dua tersebut juga menyampaikan penekanan larangan-larangan atau aturan yang tidak boleh diperbuat setelah menjadi anggota Polri.

Personel diminta untuk mematuhi peraturan yang telah ada mulai dari Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri, Peraturan Kepolisian Negara, serta peraturan turunan lainnya.

"Kalau sudah lulus dan sudah jadi polisi nanti jangan melakukan pelanggaran baik itu pelanggaran hukum maupun disiplin, ingat cita-cita mulia yang dimiliki saat mendaftar dulu," jelasnya.

Suharyono menegaskan bahwa setiap pelanggaran yang dilakukan akan ditindak secara tegas sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan yang ada.

Pada bagian lain, kegiatan itu tampak dihadiri oleh Kabiro SDM Polda Sumbar Kombes Pol Sonny Mulvianto Utomo, Kabid Humas Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Kabid TIK Kombes Pol Noortjahyo, Kepala SPN Kombes Pol Deni Yuhasdi, dan Kabid Propam yang diwakili Kasubbid Provost. ***3***