BNI - BI berkolaborasi buka peluang di Pasar Korea Selatan dan Jepang

id BNi, BI, Rumah BUMN, pasar Korsel dan Jepang

BNI - BI berkolaborasi buka peluang di Pasar Korea Selatan dan Jepang

Foto bersama unsur pimpinan BNI - BI saat berkolaborasi buka peluang di Pasar Korea Selatan dan Jepang. (ANTARA/HO-BNI)

Padang (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 02 (Area Sumbar, Riau & Kepri) bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat menggelar Seminar & Business Matching dengan tema "Membuka Peluang di Pasar Korea Selatan & Jepang."

Acara ini berlangsung di Gedung Aula Anggun Nan Tongga, Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, baru-baru ini.

Kolaborasi antara Product Champion BNI Xpora dan Rumah BUMN & Bank Indonesia, terbukti menjadi kemitraan strategis yang efektif. BNI Xpora, bekerja sama dengan Atase Perdagangan Korea Selatan dan Jepang, memfasilitasi sesi Business Matching yang menghubungkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Binaan dengan calon pembeli dari kedua negara.

Lebih dari 150 UMKM berpartisipasi dalam acara ini, memamerkan produk mereka kepada pembeli dari Korea dan Jepang. Agenda Business Matching yang bersamaan dengan pre-event Sumbar Creative Fest, menambah semarak acara tersebut.

Dengan jaringan internasional BNI di 7 negara, acara ini menyoroti peran kunci BNI Xpora sebagai saluran utama untuk membantu UMKM Indonesia memasuki pasar internasional. Hal ini mencerminkan komitmen BNI Xpora dalam memberdayakan UMKM Indonesia untuk maju dan mencapai prestasi lebih tinggi bagi Indonesia.

Sejumlah pembicara terkemuka, seperti Atase Perdagangan Seoul, Korea Selatan - Eko Aprilianto Sudarajat, dan Atase Pertanian Tokyo, Jepang - Muhammad Muharram Hidayat, memberikan wawasan berharga pada acara ini.

Turut hadir RM Dicky Farabi dari ITPC Osaka, Hery Syamsul Bahtiar dari Bea Cukai, dan Kepala Kewirausahaan Universitas Andalas Nofialdi bersama dengan 50 mahasiswa pengusaha.

Pimpinan Wilayah BNI 02 Khairul Salam menyatakan optimismenya bahwa dengan one on one Business Matching akan memungkinkan UMKM Binaan memasarkan produknya secara efektif di Korea Selatan & Jepang.

"Interaksi langsung ini sangat penting sebagai langkah strategis dalam membuka peluang bisnis bagi UMKM Indonesia di pasar internasional," kata Khairul Salam.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Endang Kurnia Saputra berharap agenda ini akan meningkatkan volume transaksi ekspor, pendapatan devisa negara, serta memperkenalkan produk-produk Indonesia ke Korea dan Jepang.

BNI Xpora, sebagai orkestrator ekosistem ekspor UMKM, diharapkan bisa tetap berkomitmen mendukung ekspor produk lokal. Dengan jaringan outlet luar negeri BNI yang tersebar di 7 negara, BNI Xpora dipercaya dapat terus mengoptimalkan peran sebagai saluran BNI dalam membantu UMKM menembus pasar internasional.

Foto bersama unsur pimpinan BNI - BI saat berkolaborasi buka peluang di Pasar Korea Selatan dan Jepang. (ANTARA/HO-BNI)


Program peningkatan kapasitas ini menunjukkan bahwa BNI Xpora akan terus menjadi salah satu pemberdayaan UMKM Indonesia untuk terus maju, dan lompat lebih tinggi untuk Indonesia.

"Kolaborasi ini menekankan peran terus-menerus BNI Xpora sebagai saluran akses pasar internasional, menunjukkan komitmennya untuk memberdayakan UMKM Indonesia demi kemajuan yang berkelanjutan di panggung global," ujarnya. (*)