Gubernur: kontribusi UNAND terhadap Sumbar sangat besar

id Unand, gubernur, halal bi halal

Gubernur: kontribusi UNAND terhadap Sumbar sangat besar

Gubernur Sumbar Mahyeldi (ANTARA/Doc.Pribadi)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyatakan kontirbusi Universitas Andalas (UNAND) selama ini sebagai perguruan tinggi sangat besar dalam turut menggerakkan pembangunan di provinsi itu.

Hal ini disampaikan gubernur ketika memberi sambutan pada acara Halal Bi Halal di Auditorium Kampus UNAND Limau Manis Padang, Selasa.

Hadir dalam Halal Bi Halal tersebut, unsur pimpinan fakultas dilingkup UNAND, pimpinan Forkopimda Provinsi dan pemimpin BUMD di antara dari jajaran Bank Nagari.

Mahyeldi mengajak UNAND agar ke depan bisa lebih lagi kontribusi dalam mendukung pembangunan diberbagai sektor.

Ia meminta Pemprov Sumbar, melalui Sekda diharapkan dapat mendorong atas hasil penelitian yang banyak dikembangkan oleh para akademisi UNAND.

"Melalui silaturahim halal bi halal ini, sehingga bisa kolaborasi dan sinergitas dalam pengembangan banyak potensi yang ada tersebut," ujarnya.

Ke depan, tentu dampaknya bagi kemajuan masyarakat Sumatera Barat dalam berbagai aspek.

Dalam kesempatan itu, gubernur menyampaikan rencana kerja sama budidaya tanaman khas Arab Saudi yakni Kurma di Sumbar.

Hal merupakan satu potensi yang mesti mendapatkan dukungan dari perguruan tinggi dan pemangku kepentingan lainnya di Sumbar.

Rektor UNAND Efa Yonnedi dalam sambutan menyampaikan dengan silarurahim ini sehingga banyak yang bisa untuk disinergikan.

Ia juga perkembangan dan kemajuan diraih oleh UNAND serta target yang ingin dicapai ke depannya.

Dalam tahun ini, kata Efa, ada empat indikator stategi UNAND yakni, meningkatkan jumlah mahasiswa, meningkat jumlah peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan meningkatnya jumlah mahasiswa asing serta keempat adalah meningkat jumlah dosen S3.

"Melalui sinergitas secara internal dan eksternal target yang diberikan oleh kementerian bisa dicapai ke depannya sesuai harapan,"harapnya.*