Polres Pasaman Barat tekankan komitmen bersikap netral pada Pemilu 2024

id Polres Pasaman Barat,Berita pasbar,Pemilu 2024.

Polres Pasaman Barat tekankan komitmen bersikap netral pada Pemilu 2024

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki tegaskan komitmen semua personelnya netral pada Pemilu 2024. Antara/Altas Maulana 

Simpang Empat (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatra Barat AKBP Agung Basuki menekankan kepada seluruh personelnya berkomitmen bersikap netral dalam Pemilu 2024.

"Dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 seluruh personel harus netral," tegasnya di Simpang Empat, Rabu

Menurutnya Polri dalam hal ini Polres Pasaman Barat memiliki tugas yang sangat penting untuk menjamin keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif selama Pemilu 2024 berlangsung.

"Komitmen Polri jelas untuk selalu bersifat netral, tidak berpihak kepada pihak manapun dan tidak terlibat dalam politik praktis," tegasnya.

Ia menekankan netralitas Polri adalah prinsip utama yang harus dipegang teguh, sebagaimana yang tertuang dalam Perpol Nomor 7 tahun 2022 pasal 4 huruf h tentang kode etik profesi dan komisi kode etik Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Setiap anggota Polri wajib bersikap netral dalam kehidupan politik. Kita menjalankan tugas dengan profesional dan tidak akan berpihak kepada pihak manapun dan kita akan terus menjaga agar Pemilu 2024 berlangsung dengan aman dan lancar," sebutnya.

Ia menjelaskan, Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 merupakan operasi kepolisian yang dirancang untuk menjaga keamanan selama proses Pemilu 2024 bergulir.

"Operasi Mantap Brata Singgalang mulai dari tahap pendaftaran dan penetapan nomor urut presiden dan wakil presiden selama 38 hari operasi berlangsung yakni tangga 19 Oktober hingga 25 Oktober 2023 - 25 November 2024 memastikan pemilu berjalan lancar," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu.

Kapolres meminta agar setiap warga melaporkan segala bentuk pelanggaran atau tindakan yang dapat mengganggu proses demokrasi.

Selain itu ia menekankan untuk terus meningkatkan sinergitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun pihak terkait dalam menciptakan situasi yang kondusif selama Operasi Mantap Brata Singgalang 2024 berlangsung.

"Tujuan utamanya untuk menciptakan Pemilu yang damai, aman, nyaman, dan sukses demi kepentingan bersama dan kemajuan bersama. Polri merupakan garda terdepan dalam menciptakan pemilu yang aman dan lancar," katanya.***2***